Mahasiswa Manajemen Perkantoran Belajar Table Manner di Hotel Santika

IMG_0348

Bandung, UPI

Mahasiswa Pendidikan Manajemen Perkantoran FPEB UPI mengadakan acara Table Manner di Hotel Santika Bandung, Jalan Sumatra No 52. Kegiatan Table Manner tersebut merupakan bagian dari tugas akhir dalam mata kuliah Kesekretarisan pada Semester Padat yang dibimbing oleh Dr.Suwatno,M.Si bersama dengan Dra.Hj.Nani Sutarni,M.Pd.

Budaya makan secara formal sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan Napoleon Bonaparte mempunyai suatu kiasan yang mengatakan “Kalau Anda ingin mengetahui karakter seseorang Anda dapat melihat dari cara seseorang itu makan dan hidangan apa yang disantapnya”. Dan sampai saat ini makan bukan saja menjadi kebutuhan dasar untuk dapat bertahan hidup sehari-hari akan tetapi sudah berkembang menjadi suatu sarana untuk bersosialisasi yang bersifat bisnis maupun non bisnis.

IMG_0089Rangkaian kegiatan dalam acara Table Manner ini yang pertama yaitu pembukaan bersama dengan pihak Hotel Santika, dilanjutkan dengan Tour Hotel mengelilingi beberapa kamar serta ruangan yang ada di Hotel Santika. Diantaranya beberapa ukuran kamar serta fasilitas, ruang rapat, restaurant dan lobby hotel.

Kegiatan Tour Hotel pun diselingi dengan demo dari pegawai hotel dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, seperti mengganti selimut dan alas tidur. Mereka mempraktekannya secara langsung dengan alat yang biasanya dipakai dalam kegiatan nyata di hotel.

Secara singkat Table Manner dapat diartikan sebagai suatu kegiatan baik yang bersifat resmi ataupun tidak resmi dalam suatu jamuan makan yang berhubungan dengan tata cara makan dan minum.

Memasuki acara inti, Table Manner diawali dengan demo masak dari Chef Hotel Santika yaitu memasak hidangan main course. Selesai memasak, dilanjutkan dengan materi Table Manner yang disampaikan oleh Bapak Eson mengenai maksud dan tujuan mengetahui Table Manner, menu yang akan disajikan, jenis menu, peralatan yang akan digunakan untuk penataan meja, peralatan yang digunakan, tipe pelayanan yang akan diberikan, table set up, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Table Manner.

Setelah itu, mahasiswa beserta dosen pembimbing melakukan praktek Table Manner yang telah disampaikan. Mulai dari tata cara makan hingga tata cara untuk minum.

Pertama yang disajikan yaitu Apetizer, kemudian Soup, Main Corse dan yang terkahir Dessert. Disela-sela Table Manner Mahasiswa diajarkan untuk seolah-olah sedang berbisnis dan mengadakan perbincangan dengan rekan kerja dalam memasarkan produk. Hal ini bertujuan agar pada saat nanti jika sudah bekerja kelak, kemudian diperintakan atau diundang dalam jamuan makan oleh rekan kerja, maka tidak akan menjadi kaku atau salah tingkah. (Mia Aulia)

IMG_0252

~ dilihat : 483 kali ~