Mahasiswa Jurusan PKn Dikenalkan Persoalan Akademik dan Kemahasiswaan

1

Bandung, UPI

Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan untuk pertama kalinya mengadakan pengenalan akademik dan kemahasiswaan pada mahasiswa baru S1, S2, dan S3 dalam waktu bersamaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di auditorium lantai 6 gedung FPIPS/Gedung M. Nu’man Sumantri Rabu (28/8/2013).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa baru S1 Jurusan PKn yang sedang mengikuti rangkaian kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKA-KU) yang diselenggarakan oleh BEM REMA UPI, mahasiswa baru S2 dan S3 pada jurusan PKn Sekolah Pasca Sarjana UPI. Mahasiswa baru S1 sebelum mengikuti acara ini terlebih dahulu mengikuti pengenalan akademik dan kemahasiswaan tingkat Fakultas di Amphiteater (Eks-Gedor).2

Kegiatan Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan Jurusan PKn dimulai pada pukul 09.30 WIB yang dalam kesempatan ini dihadiri para dosen PKn, nampak diantaranya Prof. Dr.Idrus Affandi, S.H. (Pembantu Rektor II UPI), Prof. Dr. H. Karim Suryadi, M.Si. (Dekan FPIPS UPI), Prof.Dr. Endang Somantri, M.Ed. , Dr. Dadang Sundawa, M.Pd. (Anggota Senat Akademik UPI) dan dosen PKn lainnya. Acara dimulai dari sambutan sekaligus pemaparan perkenalan para dosen PKn yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sapriya, M.Ed. selaku ketua jurusan PKn UPI. Dalam kesempatan itu beliau menjelaskan bahwa jurusan PKn UPI adalah jurusan yang mendapat amanah untuk melakukan integrasi antara jurusan PKn S1, S2, dan S3 dimana beliau sendiri adalah ketua jurusan pertama untuk gabungan ketiga strata akademik tersebut.

Prof. Dr. Sapriya, M.Ed. kemudian memperkenalkan satu persatu dosen PKn yang hadir kepada seluruh peserta. Acara selanjutnya dipaparkan oleh Dr. Prayoga Bestari, M.Si selaku sekretaris jurusan PKn UPI mengenai pemaparan akademik dan fasilitas yang dimiliki oleh jurusan PKn. Pemaparan dari beliau menjelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru PKn terkait dengan kegiatan akademik dan fasilitas apa saja yang bisa dipergunakan oleh mahasiswa baru nantinya.3

Pemaparan selanjutnya dipaparkan oleh Susan Fitriasari, S.Pd., M.Pd. selaku pembina kemahasiswaan Jurusan PKn terkait dengan Kegiatan dan aturan yang mesti dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan PKn UPI. Dalam kesempatan ini beliau memperkenalkan jajaran pengurus BEM HMCH, dan memperkenalkan bahwa dijurusan PKn ada Unit Khusus HMCH (MAPACH, UPP,CHSS, dan CHMC) , dan Unit Kegiatan Khusus yang berada di bawah bimbingan langsung jurusan PKn UPI (Civic Dancer, Civic Voice, Bamboo Civic, Civic Hukum Debate Club, Civic Information and Documentation, Opera Van Civic) untuk menarik minat para mahasiswa baru agar mengembangkan minat dan bakatnya pada wadah yang sudah tersedia.

Dalam kesempatan itu juga, beliau menampilkan video-video kegiatan kemahasiswaan yang berhasil direkam oleh beliau. Video tersebut membuat suasana menjadi rileks dan penuh senyum tawa dari hadirin yang hadir.  Selebihnya beliau menjelaskan tentang peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh mahasiswa jurusan PKn.

Kegiatan berakhir pada pukul 11.30 WIB dimana untuk mahasiswa baru S1 masih mengikuti rangkaian kegiatan MOKA-KU dengan diantar oleh panitia dari BEM HMCH dan Senat FPIPS untuk kembali ke tempat berlangsungnya kegiatan MOKA-KU yakni Gymnasium Bumi Siliwangi.

Kegiatan tersebut merupakan pengantar bagi mahasiswa baru dari jurusan PKn dimana untuk pemaparan lebih lanjut dan rincinya akan diberikan pada hari Jumat, 30 Agustus 2013 pada kegiatan kemahasiswaan. (Dudih Sutrisman/UPP HMCH)

~ dilihat : 743 kali ~