Mahasiswa FPSD UPI Ikuti One Asia Cultural Ambassador di Laos

oaca 1

Bandung, UPI

Dua Mahasiswa FPSD UPI mengikuti kegiatan One Asia Cultural Ambassador (OACA), 22-28 Februari 2015 di Vang Vieng, Laos. Dua mahasiswa FPSD tersebut adalah Basit Abdillah, mahasiswa Departemen Pendidikan Seni Rupa dan Febri Veronika Kristi, mahasiswa Departemen Pendidikan Tari.

Program One Asia Cultural Ambassador yang diselenggarakan oleh Music for One Foundation yang berpusat di Seoul, Korea Selatan ini dirancang untuk menguatkan persahabatan di antara ASEAN dan Korea Selatan melalui aktivitas pertukaran budaya dan program kepemimpinan global. Para peserta program OACA ini terdiri dari aktivis muda di bidang seni dari berbagai negara, antara lain: Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Korea Selatan.

oaca 4Dr. phil. Yudi Sukmayadi, M. Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPSD yang didampingi Dr. Frahma Sekarningsih, M. Pd. (Ketua Departemen Pendidikan Tari), dan Bandi Sobandi, M. Pd, (Ketua Program Pendidikan Seni Rupa), menuturkan bahwa melalui program ini, dua mahasiswa FPSD tersebut telah mendapatkan pengalaman setidak-tidaknya dalam upaya untuk memperkuat hubungan kerja sama antara negara-negara ASEAN dan Korea Selatan melalui pertukaran seni dan budaya.

“Selain itu, dalam program ini sebagai upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan identitas budayanya dalam konteks pendidikan seni, dan memperluas pendidikan seni untuk masyarakat marjinal dan masyarakat pinggiran”, ujar Yudi Sukmayadi.

Program yang diikuti Basit dan Febri ini berlangsung di Phoudindaeng Youth Center, Namone Neua, Vang Vieng, Laos. Mereka menuturkan bahwa melalui agenda kegiatan Visual Art dan Traditional Dance ini masyarakat Namone Neua, terutama anak-anak sangat senang dan sangat antusias mengikuti workshop tari dan musik, fotografi, dan melukis. (Deny)

oaca 2

~ dilihat : 200 kali ~