Mahasiswa Biologi Berbakti Melalui BFUB

Bandung, UPIPhoto

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali menggelar Berbakti Formica Untuk Bangsa (BFUB) yang merupakan acara rutin yang diselenggarakan tiap tahun sejak tahun 1998. BFUB merupakan acara terbesar yang di selenggarakan Himpunan Mahasiswa Biologi Formica (HMBF) UPI yang diadakan sebagai wujud bakti dan dedikasi HMBF UPI kepada bangsa Indonesia.

Sejak diperkenalkan 17 tahun yang lalu, setiap tahunnya acara ini bertambah besar dengan peminat dari kalangan pelajar se-Indonesia. HMBF menyelenggarakan kegiatan yang bertaraf nasional. Merintis dari ranah pendidikan biologi, hingga kini pada BFUB yang ke-17 melalui penggabungan tiga acara besar dari tiga departemen dalam BEM HMBF. BFUB bergerak dalam bidang pendidikan biologi yang terintegrasi dengan aspek religi dan budaya demi terciptanya keseimbangan potensi yang dimiliki generasi muda.

BFUB menyelenggarakan berbagai perlombaan pada bidang edukasains (LKTI, LCTB, OBi, OSa, Microteaching, dan LMGLH), bidang religi (Cerpen Islami, Kaligrafi, MHQ, dan Stand Up Dacil) dan di bidang ART (Festival dan Lomba Fotografi). Selain itu, BFUB juga menyelenggarakan Bazaar, Donor Darah, Workshop, Talk Show, Training Motivasi, dan Open Laboratorium Biologi.

Tema BFUB XVII adalah “Implementasi Kearifan Lokal Biologi Indonesia untuk Lingkungan yang Lebih Baik”, yang diaplikasikan dalam konten lomba di BFUB XVII. Tema ini mencerminkan kepedulian HMBF dalam menciptakan pribadi yang tanggap dan peka terhadap keadaan lingkungan alam sekitar, sehingga dengan pengetahuan dan wawasan serta budaya akan terciptanya generasi yang menjadi pelopor di masyarakat luas dalam mengembalikan kembali nilai-nilai kearifan lokal di daerahnya masing-masing. Besar harapan akan tercapainya tujuan ini, karena masa depan generasi berikutnya bergantung pada cara kita dalam memperlakukan alam sekitar disaat ini.

BFUB XVII akan diselenggarakan mulai tanggal 25 Januari 2015, 5-8 Februari 2015, dan ditutup dengan festival pada tanggal 21 Februari 2015. Acara ini diharapkan menarik 3000 pengunjung termasuk peserta. (Rizka Trian Palupy, Pendidikan Biologi, FPMIPA, UPI)

~ dilihat : 249 kali ~