Mahasiswa Berkewajiban Berinovasi, Lembaga Menfasilitasi Inovasi

expo 1Bandung, UPI

Dosen-dosen dan mahasiswa Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia (FPTK UPI) dari 6 jurusan terlibat dalam kegiatan EXPO FPTK UPI 2013, Rabu dan kamis (13-14/11/2013), di selasar Gedung FPTK Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Hadir Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., untuk membuka secara resmi sekaligus memberikan apresiasi yang besar terhadap kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan FPTK EXPO 2013 ini, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada lingkungan sekitar. Inovasi dan kreatifitas merupakan salah satu kecakapan utama dan merupakan sebuah orientasi pada nilai,” ujar Rektor.

Rektor menegaskan, kegiatan ini harus bersinergi dengan pendidikan karena pendidikan merupakan kunci utamanya dan harus mampu memecahkan beberapa persoalan, diantaranya persoalan keterbatasan energi, persoalan lingkungan, persoalan equity yaitu mendekatkan jarak yang miskin dengan yang kaya, yang memiliki akses dan yang tidak terjangkau akses, kemudian persoalan dalam bidang ekonomi, serta persoalan pendidikan.

expo 3“Mahasiswa berkewajiban untuk selalu berinovasi, lembaga mendorong dan memfasilitasi inovasi tersebut untuk menjadikan manusia sebagai manusia, manusia yang berpikir inofatif,” pungkasnya.

FPTK EXPO 2013 mengusung tema “Pengembangan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan untuk Menyiapkan Sumberdaya Manusia yang Unggul”, kegiatannya terbagi dalam bentuk pameran produk karya mahasiswa dan SMK se-Bandung, seminar nasional dengan pembicara diantaranya Direktur Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemendikbud Prof. Dr. Supriadi Rustad, M. Si, Direktur Direktorat Pembinaan PTK Dikmen Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Suryadharma, M.PA, Ph. D, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat Prof. Dr. Muhammad Wahyudin Zarkasyih, Konsultan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dari Pemerintah Jerman Dr. Joachim Dittrich, serta Akademisi.

Dekan FPTK UPI Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si mengatakan,kegiatan ini merupakan kegiatan dua tahunan dan masih dalam rangkaian Dies Natalis UPI serta TVET Confrence. Kegiatan ini diadakan dalam rangka saling memotivasi untuk kemajuan pendidikan teknologi dan kejuruan.

“Tujuannya untuk mengokohkan tatakelola dan mutu layanan penyelenggaraan pendidikan teknologi dan kejuruan pada era globalisasi dan iklim kompetitif dengan membangun sebuah sistem kerjasama FPTK UPI dengan stakeholder dalam menyiapkan kebutuhan SDM unggul dan profesional di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan, dunia usaha dan dunia industri,” ujarnya.

expo 2Sebelum meninggalkan lokasi pameran, Rektor, Dekan FPTK, beserta para tamu undangan berkesempatan untuk mengunjungi stand-stand yang berisi produk-produk mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil, Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri, dan Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Pendidikan Indonesia. (Dodiangga)