Mahasiswa Asing Merupakan Indikator Menuju WCU

1Bandung, UPI

Membangun kepercayaan, membangun kebersamaan, serta menciptakan rasa aman dan nyaman merupakan usaha nyata yang dilakukan seluruh civitas akademika UPI dalam rangka menjembatani pengertian budaya antar lokal dan internasional, serta bertujuan untuk menciptakan budaya akademis yang kondusif, yang ramah bagi setiap orang.

“Yang penting bagi UPI saat ini, memperkokoh jati diri budaya bangsa dan membangun kepercayaan dunia internasional dengan cara melestarikan kebudayaan lokal sehingga berfungsi untuk menarik minat dunia internasional agar mau belajar di UPI dengan perasaan aman dan nyaman,“ ungkap Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., dalam acara ramah tamah dan pertemuan dengan mahasiswa internasional UPI, Rabu (27/2/2013).

Rektor menambahkan, populasi mahasiswa asing yang belajar di UPI, merupakan salah satu indikator bentuk apresiasi dunia internasional terhadap kebudayaan bangsa Indonesia, dan sudah sepantasnya kita juga mengapresiasi kebudayaan diri sendiri agar dapat mempererat hubungan antar negara.

Acara berlangsung di Gedung University Center Lt. 1 UPI, Jalan Dr. Setiabudhi 229, Bandung, dihadiri oleh Rektor UPI Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional Prof. Furqon, Ph.D., Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., Pembantu Rektor Bidang Perencanaan dan Pengembangan Prof. Dr. Amin Aziz, Kepala Office International Education and Relation (OIER) Sri Harto, M.Pd., Koordinator Kerjasama jepang dan Sekitarnya OIER UPI Dianni Risda, M.Ed, dan para mahasiswa Program Reguler, Program Beasiswa Dharmasiswa RI, Program Beasiswa KNB, Twinning Program UPI-YSU, Program AIMS, dan Program Kerjasama UPI-JICA-Ethiopia.

Rektor menekankan, terselenggaranya acara ini menunjukan bahwa UPI dapat menerima perbedaan melalui kehadiran mahasiswa asing. Terbentuknya atmosfir pendidikan yang kondusif, terlihat dari ekspresi mereka yang happy dan ekspresi mereka yang berharap lebih dari UPI untuk mendapatkan sesuatu yang bisa dibawa pulang ke negaranya. Mereka difasilitasi untuk memahami budaya lokal Indonesia, dengan begitu diharapkan dapat terbentuk trust dari dunia internasional kepada UPI.

Bagi UPI, mahasiswa asing merupakan duta internasional yang menjadi corong UPI untuk mendapatkan pengenalan secara internasional (international recognition) dan juga merupakan indikator menuju world class university (WCU). Mereka juga dapat meningkatkan citra UPI sebagai universitas pelopor dan unggul dalam pendidikan di Asia serta sebagai jembatan untuk membangun kerjasama internasional dengan negara-negara Asia maupun Eropa. Mereka juga akan dilibatkan dalam berbagai macam aktifitas akademis UPI seperti halnya UPI International Days, Culture’s Days, One Asia Foundation, Peringatan Konferensi Asia Afrika, Festival of Nations, dan lain sebagainya. (Dodiangga)

~ dilihat : 470 kali ~