MAHACITA Gagas Gerakan “UPI Berkebun”

mahacitaBandung, UPI

Unit Kegiatan Mahasiswa Mahacita UPI menggagas gerakan “UPI Berkebun”, gerakan tersebut merupakan kegiatan berkebun sederhana yang dilakukan di salah satu lahan kecil sekitar kampus UPI.

Tanam perdana UPI Berkebun dilakukan pada Senin (21/10/2013) di sebuah lahan kecil berukuran sekitar 8 meter persegi. Lahan yang dijadikan kebun organik itu terletak di dekat Lapang Sofbol, Kampus UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Ketua Adat Mahacita, Yophy Diki menjelaskan gerakan UPI Berkebun ini merupakan jejaring kampus dari Indonesia Berkebun. “Tanam Perdana ini dilakukan sebagai salah satu syarat untuk jadi anggota jejaring kampus Indonesia Berkebun,” ujarnya di sela-sela acara Tanam Perdana UPI Berkebun.

Indonesia Berkebun adalah komunitas yang bergerak melalui jejaring sosial dengan tujuan menyebarkan semangat positif untuk peduli kepada lingkungan kota dengan program urban farming. Gerakan berkebun ini memanfaatkan lahan tidak terpakai untuk dijadikan lahan hiidup dengan tumbuhan-tumbuhan organik. Indonesia Berkebun juga merupakan gerakan yang digagas Ridwan Kamil, yang saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung.

“Sejauh ini, di Bandung baru ada tiga kampus yang sudah resmi menjadi jejaring Indonesia Berkebun. Ketiga kampus yang sudah melakukan gerakan berkebun adalah IT Telkom, Politeknik Bandung, dan Universitas Pasundan. Gerakan UPI Berkebun yang dikelola oleh UKM Mahacita, UPI menjadi kampus keempat di Bandung sebagai Jejaring Indonesia Berkebun”, ungkap Yophy.

Yophy menuturkan, pihaknya melakukan gerakan ini yang diselenggarakan bertepatan dengan Dies Natalis UPI yang ke-59 sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, juga mengajak mahasiswa-mahasiswa UPI untuk ikut peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan sederhana yaitu berkebun.

“UPI berkebun ini bebas diikuti siapa saja terutama mahasiswa UPI. Boleh datang setiap hari, asal mau ikut merawat dan menjaga tanaman yang ada,” katanya.

Berbagai tanaman yang ditanam mulai dari Cabai Rawit, Bayam, Labu Sayur, Bawang Daun, Kunyit, Ubi, Anggur, hingga bunga Matahari. Karena lahan yang terbatas, sebagian ditanam dalam kantong plastik polybag.

“Sebenarnya, kegiatan berkebun ini sudah dari sekitar empat bulan yang lalu. Lahan ini asalnya penuh barangkal dan sampah, tapi sekarang berubah jadi kebun,” ungkapnya.

Melalui gerakan tersebut, dia berharap mahasiswa UPI turut aktif untuk ikut peduli terhadap lingkungan. Karena kepedulian terhadap lingkungan bisa ditumbuhkan tidak hanya dengan kegiatan di alam bebas, namun juga melalui kegiatan sederhana yaitu berkebun. (Deny)

~ dilihat : 262 kali ~