Lomba Menulis dan Membaca, Menumbuhkan Kreativitas Literasi Siswa SD

DSC00234Tasikmalaya, UPI

Perubahan yang kian marak terjadi di tanah air tercinta. Era globalisasi menjadi faktor utama perubahan zaman yang sangat drastis, hadirnya terobosan teknologi-teknologi yang mulai menguasai dunia, kemutakhiran baik di dunia nyata maupun di dunia maya memberikan efek tersendiri dalam peradaban kehidupan, salah satunya berdampak pada nafas satra di dunia pendidikan dasar khususnya.

“Hal yang sederhana terjadi adalah siswa menjadi cenderung malas dalam menulis dan membaca karena lebih senang dengan handphone, facebookan dan tweeteran,” begitu ungkap ketua pelaksana kegiatan ini, Annisa Anita Dewi, saat pelaksanaan Festival Sastra Aksara Satu (FSA 1) se-Priangan Timur, Minggu (27/10) di Aula UPI Kampus Tasikmalaya.

FSA 1 se-Priangan Timur ini diprakarsai atas program kerja bidang Kaderisasi, Unit Kegiatan Mahasiswa Area Komunitas Seni Sastra atau yang sering disingkat dengan UKM Aksara. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan bahasa sekaligus untuk memeriahkan Dies Natalis UPI yang ke-59 yang jatuh pada 20 Oktober lalu.

Acara FSA 1 yang bertemakan ‘’Gelorakan Kreativitas Literasi Siswa SD’’ dibuka secara resmi oleh Bapak Dindin Abdul Muiz Lidinillah, S. Si, S. E., M. Pd., dan dihadiri oleh dosen UPI Kampus Tasikmalaya dan tokoh sastra Tasikmalaya seperti Bode Riswandi, Duddy RS, Amang S Hidayat dan Nero Taopik Abdillah.

“Sebagai sikap dan upaya untuk mensosialisasikan sastra dan mengembangkan minat membaca dan menulis UKM Aksara didukung UPI Kampus Tasikmalaya juga BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya menggelar kegiatan Festival Sastra Aksara se-Priangan Timur”, ujar Annisa melanjutkan.

DSC00436FSA ini juga memiliki empat mata lomba yang bisa dipilih oleh siswa dan guru SD, yaitu lomba membaca puisi, lomba mengarang dengan tema “Aku Ingin”, lomba menulis surat untuk guru, dan lomba esai untuk guru SD yang dilaksanakan pre-event.

Jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 47 orang yang datang dari berbagai daerah, diantaranya Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Garut.

Acara tersebut menjadi semakin meriah dan menggelora dengan hadirnya piala bergilir Walikota Tasikmalaya dan FSA yang akan diperebutkan. Adapun untuk tahun ini, piala bergulir ke SD IT Ibadurahman, yang berhasil mengumpulkan point tertinggi. Animo yang di timbulkan masyarakat terhadap Festival Sastra Aksara yang digelar se-Priangan Timur sangat besar.

Direktur UPI Kampus Tasikmalaya, Prof. Dr. H. Cece Rakhmat, M. Pd., sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena kegiatan tersebut selain bertujuan memupuk kreativitas siswa baik dalam membaca maupun menulis, juga mampu dijadikan sebagai wadah menampung, menggali, dan mengembangkan minat dan bakat siswa agar lebih terpacu lagi dalam hal literasi dan sastra. (Annisa)

~ dilihat : 412 kali ~