Lomba Antar PAUD Menutup KKN di Lembang

Bandung, UPI2

Setelah 34 hari tepatnya dari tanggal 29 Desember 2014 s.d. 31 Januari 2015 kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, akhirnya menyelesaikan pengabdiannya dengan kegiatan Lomba antar PAUD serta penyuluhan mengenai pentingnya kesehatan gigi bagi anak dan pengecekan gigi gratis bagi anak. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yaitu hari Jumat dan Sabtu 30-31 Januari 2015 di Balai Desa Wangunsari, Lembang.

Lomba antar PAUD dilaksanakan Jumat pagi pukul 08.00 dan diakhiri pukul 11.00. Lomba antar PAUD diisi dengan lomba merangkai puzzle, mozaik dance dan fashion show yang diikuti siswa berbagai PAUD di lingkungan Desa Wangunsari. Siswa PAUD yang mengikuti lomba sangat antusias dengan beberapa macam lomba tersebut, terlihat dari wajah siswa tersebut yang sangat gembira. Selain itu, para guru dan orang tua yang ikut mengantar juga memperlihatkan kegembiraannya terhadap lomba yang diikuti siswa PAUD tersebut.3

Sedangkan kegiatan penyuluhan mengenai pentingnya kesehatan gigi bagi anak dan pengecekan gigi gratis bagi anak dilaksanakan hari esoknya yaitu Sabtu, 31 Januari 2015 dimulai pukul 08.00 sampai pukul 12.30. Kegiatan tersebut dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan kegiatan penyuluhan oleh penyampai materi dari Puskesmas Kecamatan Lembang, mengenai pentingnya kesehatan gigi bagi anak kepada para orangtua yang memiliki anak kecil dan balita. Dengan demikian, orang tua dapat menjaga dan mengawasi makanan yang dikonsumsi anak serta membimbing mereka merawat gigi dimulai sejak dini.

Sesi kedua diisi dengan kegiatan pengecekan kesehatan gigi gratis oleh petugas dari UPTD Rumah Sakit Daerah Kecamatan Lembang kepada balita dan anak yang dibawa orang tua yang telah mengikuti penyuluhan pada sesi sebelumnya. Kedua kegiatan tersebut terlaksana dengan sangat baik dan lancar tanpa terkendala masalah teknis yang serius.1

Randi Gustiryandi sebagai Ketua Kelompok mahasiswa KKN di desa Wangunsari kecamatan Lembang, menuturkan bahwa rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan supaya orang tua yang memiliki anak kecil, apalagi sebagian besar anak kecil tersebut bersekolah di PAUD dapat lebih waspada dengan hal yang dapat merusak kesehatan gigi bagi anak-anaknya.

“Kami berharap, kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi yang dapat mengubah pola hidup di Desa Wangunsari menjadi lebih sehat. Walaupun kontribusinya kecil tetapi dapat menjadi manfaat untuk keberlangsungan masa depan para penerus bangsa dari desa Wangunsari, Lembang. (WAS)

~ dilihat : 211 kali ~