Lingkar Bidik Misi UPI Mendidik Anak Jalanan

1

Bandung, UPI

Departemen Edukasi Lingkar Bidik Misi UPI menggelar program TOSCA (Teaching Extraordinary Street Children Activity) atau secara singkat program mengajar anak jalanan. Kegiatan ini digelar di kawasan terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung. Sasaran program ini adalah anak-anak jalanan yang ada di sekitar terminal leuwi panjang, baik pengamen atau anak-anak “non-pengamen”. Program TOSCA ini bekerja sama dengan sanggar Rumah Pelangi yang lebih dahulu menangani anak-anak jalanan di kawasan Terminal Leuwi Panjang.

“Alhamdulillah kami sudah bisa menyewa rumah di sekitar terminal leuwi panjang untuk kegiatan belajar mengajar anak-anak, walaupun sekali-kali masih digelar di halaman terminal Leuwi Panjang.” Papar Diky, Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro 2012 yang juga sebagai ketua kegiatan TOSCA.2

Kegiatan ini digelar setiap hari sabtu dan ahad pukul 14.00 – 17.00 WIB. Adapun pelajaran yang diajarkan meliputi berhitung, membaca, menulis dan pelajaran-pelajaran Agama Islam.

Trias, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab 2011, yang juga Ketua Departemen Edukasi Lingkar Bidik Misi UPI menjelaskan “Mahasiswa Bidik Misi hakikatnya memiliki misi untuk memutus rantai kemiskinan, program TOSCA ini hadir memberikan realisasi dari misi yang diemban mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi selain kewajiban belajar dengan  baik.”

Dari program ini diharapkan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi bukan hanya cerdas secara akademik, namun juga memiliki kepekaan sosial, sehingga terwujud akademisi yang bermanfaat bagi sesama. (T/Ed)

~ dilihat : 309 kali ~