Lima Mahasiswa Asing UPI Meriahkan Penutupan DRI 2013

DSC_0020i

Bandung, UPI

Lima orang mahasiswa asing UPI turut serta memeriahkan acara penutupan program Darmawisata Republik Indonesia tahun akademik 2012/2013 di Yogyakarta, 31 Mei – 2 Juni 2013. Mereka berkesempatan untuk menampilkan tarian Saman sebagai tarian selamat datang bagi peserta Program DRI 2013.

Mahasiswa asing tersebut Katarzyna Styszynska (Kasya) dan Agneieszka Mazur (Aga) berasal dari Polandia; Khuong Ly Quan (Wanti) berasal dari Vietnam; Zamira Sarieva (Iva) dan Svetlana Gerasimova (Gita) berasal dari Uzbekistan. Selama proses latihan dan tampil, mereka dibantu oleh mahasiswa UPI yaitu Adistyana Pitaloka Kusmawati, Elsa Nabila Antias, dan Alifa Mariani Saleha Soerianingrat.

Kelima mahasiswa asing tersebut merupakan mahasiswa program beasiswa yang diprakarsai oleh negara Indonesia untuk mengikuti proses pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia selama satu tahun. Selama di UPI, mereka mengikuti proses perkuliahan mempelajari seni, bahasa dan budaya Indonesia.DSC_0063i

Dalam acara penutupan program Darmawisata RI 2013 yang diikuti lebih dari 300 mahasiswa asing atau 62 negara tersebut, tidak hanya diisi oleh penampilan dari mahasiswa asing UPI saja tetapi dari berbagai mahasiswa asing yang mengikuti proses pendidikan di Indonesia seperti dari UNY, UAD Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, STIMIK Cirebon, Unesa, UMM, UNS, Undip, USM, dan Politeknik Bali.

Sedangkan sebelum acara penutupan, para peserta diajak berkunjung ke tempat wisata yang ada di daerah Yogyakarta, diantaranya, desa wisata Kembangarum, desa wisata Pentingsari, desa wisata Kebon Agung, dan desa wisata Nglanggeran. (Deny)

~ dilihat : 356 kali ~