Larasati Diana: Kreatif, Mandiri, dan Dewasa

1

Oleh LARASATI DIANA

(Alumni Terbaik Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta)

SEBAGAI alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan PGSD Kampus Purwakarta, banyak hal yang saya alami dan saya rasakan selama mengikuti perkuliahan. Tentunya pengalaman dan perasaan yang menyenangkan, mengharukan, dan membanggakan yang tidak akan saya lupakan. Perasaan seperti ini saya rasakan sejak pertama kali menginjakkan kaki di Universitas Pendidikan Indonesia. Ketika itu, dalam hati saya berkata : “ Inilah tempat kuliah impian saya “. Dan saya yakin perasaan seperti ini juga dirasakan oleh siapapun yang beruntung bisa kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia.

Hubungan antara dosen, mahasiswa dan staf yang terjalin secara harmonis, lingkungan kampus yang asri dan udara yang sejuk memberikan rasa nyaman dan membangkitkan semangat belajar. Dosen-dosennyapun merupakan dosen yang berpengalaman dan profesional dibidangnya masing-masing. Sehingga dengan pengalaman tersebut, kapabilitas Universitas Pendidikan Indonesia dalam mencetak guru-guru yang profesional dan berkualitas sudah tidak diragukan lagi. Dan itu adalah salah satu alasan mengapa saya ingin kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia. Karena saya ingin menjadi guru yang profesional dan berkualitas, maka saya harus mencari Perguruan Tinggi yang memiliki tenaga pengajar atau dosen yang profesional dan berkualitas juga. Dan itu saya dapatkan di Universitas Pendidikan Indonesia.

Sifat dan karakter dosen yang berbeda-beda juga memberikan kesan tersendiri bagi saya. Ada dosen yang lemah lembut, ada dosen yang tegas, ada dosen yang imut dan lucu atau bahasa gaulnya itu unyu-unyu, kemudian ada dosen yang gaul dan trendi, dan ada juga dosen yang agamis. Perbedaan sifat dan karakter tersebut menciptakan suasana belajar yang bervariasi, terkadang serius, terkadang santai, dan terkadang kedua-duanya, serius tapi santai.

Walaupun fasilitas belum terpenuhi semuanya, hal itu justru menjadikan saya mampu berfikir kreatif, mandiri, dan lebih dewasa baik dalam pendidikan maupun dalam keseharian. Selanjutnya harapan saya semoga almamater tercinta Universitas Pendidikan Indonesia senantiasa menjadi Perguruan Tinggi terdepan dalam mencetak guru-guru yang profesional dan berkualitas. Dan semoga ilmu yang saya peroleh selama kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia dapat saya amalkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.