Langkah Awal menjadi Anggota PROBUMSIL UPI

IMG_0784

Bandung, UPI

Protokol Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (PROBUMSIL UPI) kembali menyelenggarakan Chandradimuka Protokol Tingkat Dasar Anggota Baru Angkatan VIII PROBUMSIL UPI pada hari Senin-Ahad, 21-28 Rabiul Awal 1436 H/12-18 Januari 2015 M bertempat di ruang rapat lantai 1 gedung University Centre dan pengasraman di Pangkalan LANUD Sulaiman TNI AU.

Kegiatan Chandradimuka ini bertujuan untuk mengkader calon protokol agar terbentuk karakter anggota PROBUMSIL UPI yang berlandaskan agama, budaya, bangsa dan negara dan bermaruwah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Chandradimuka kali ini diikuti oleh putra-putri terbaik dari setiap Fakultas dan Kampus Daerah dengan jumlah peserta sebanyak 58 orang terdiri dari Kampus Bumi Siliwangi sebanyak 19 orang, UPI Kampus Cibiru sebanyak 12 orang, UPI Kampus Purwakarta sebanyak 13 orang, UPI Kampus Sumedang sebanyak 9 orang dan UPI Kampus Tasikmalaya sebanyak 5 orang.

Upacara Pembukaan Chandradimuka Protokol Tingkat Dasar dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Pembina Utama sekaligus Direktur Sumber Daya Manusia UPI yaitu Bunda Dr. HJ. Yayah Rahyasih, M.Pd bertempat di halaman Villa Isola Bumi Siliwangi. Secara simbolis disematkan tanda peserta kepada Perwakilan peserta Putra dan Putri yaitu M. Aulia Firstyansyah (Bahasa dan Sastra Inggris/FPBS/2014) dan Intan Purnamasari (Pend. Seni Tari/FPSD/2013). Pada kesempatan tersebut Bunda menyampaikan bahwa Bangga menjadi angota protokol karena menjadi garda terdepan pencitraan universitas”.

Pematerian hari pertama Chandradimuka disampaikan oleh Direktur Sumber Daya Manusia UPI mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia. Beliau menyampaikan bahwa “Pemimpin tidak harus selalu tahu sepenuhnya tentang organisasi tetapi kita belajar dari organisasi tersebut”. Materi selanjutnya peserta berkunjung ke Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan diterima oleh Koordinator Pembina Kemahasiswaan tingkat Fakultas bapak Dr. Dedi Ahmad Kurniadi dan Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan FIP ibu Sunarti, S.Pd, bertempat di Auditorium FIP lantai 3, beliau berpesan bahwa “Mahasiswa harus sesuai dengan tugasnya dan berkualitas, bermoral dan profesional melalui kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan kemahasiswaan juga bertujuan sebagai citra fakultas”.

DSCN5682Kunjungan selanjutnya di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) disampaikan oleh Wakil Dekan I FPOK Bapak Dr. Sucipto, M.Kes. Aiko, bertempat di Auditorium FPOK, beliau menyampaikan program baru untuk mahasiswa dengan merancang Student Exchange bersama dengan negara Belanda untuk semua fasilitas. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ketua Senat Akademik Bapak Prof. Dr Syihabudin, M.Pd bertempat di ruang rapat lantai 1 University Center, beliau menyampaikan bahwa “Bukan laptop, gadget maupun fasilitas yang mewah tetapi semangat, ilmu dan doa yang akan menghebatkan seseorang”.

Kemudian materi disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Kemitraan dan Usaha Bapak Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. mengenai UPI menuju Universitas Pelopor dan Unggul dalam Bidang Pendidikan di Asia dan Dunia. Beliau menyampaikan bahwa “Materi PROBUMSIL UPI terlegalisir di Universitas dan memberikan warna tersendiri bagi universitas serta layanan keprotokolan sangat dibutuhkan untuk Universitas dan keuntungan kepada mahasiswa juga akan menambah pengalaman dalam berorganisasi”.terakhir pada hari pertama disampaikan oleh Sekretaris Majelis Wali Amanat bapak Prof. H. Yaya Sukjaya Kusumah, Ph.D. mengenai peran dan fungsi Majelis Wali Amanat UPI.

Semoga kualitas anggota PROBUMSIL UPI Angkatan VIII menjadi lebih baik lagi, kualitas layanan yang diberikan paripurna (menyeluruh) sesuai dengan visi Korps yaitu, “Protokol Paripurna Bermaruwah Agama, Budaya, Bangsa, dan Negara Bersendi Tri Dharma Peguruan Tingi”. (Deputi Publikasi PROBUMSIL UPI)

~ dilihat : 234 kali ~