Kunjungan Delegasi Lembaga Pendidikan Vokasi China

Indeks Berita


Kunjungan Delegasi Lembaga Pendidikan Vokasi China

Posted by admin on 2013-04-04 09:57:46

Pada Rabu (27/03), Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan beberapa delegasi lembaga pendidikan vokasi dari China di Ruang Terapung, Perpustakaan UI, kampus Depok. Rombongan delegasi China yang hadir antara lain Shen Yubiao (Direktur Pendidikan ASEAN-China Centre), Chen Lie (Direktur Hubungan Internasional Zunyi Medical and Pharmaceutical College), Liu Shuhua (Wakil Direktur Guizhou Power Vocational and Technical College), Yuan Bo (Direktur Kantor Admisi Tongren Polytechnic College), dan Wang Xuefei (Pengajar dari Chengdu Textille College). Terdapat Jumlah 21 orang delegasi dari China yang hadir. Pihak UI diwakili oleh Sunardji, M.M. (Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja Sama Industri).

Dalam acara ini masing-masing institusi, baik dari pihak UI maupun perwakilan dari lembaga-lembaga pendidikan China yang hadir, melakukan presentasi mengenai sistem akademik di lembaganya masing-masing, terutama dalam pelaksanaan di tingkat vokasi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penjajakan kerja sama dalam hal pertukaran pelajar, penyusunan materi ajar, serta pelatihan staf dari masing-masing lembaga. Walaupun belum ada penandantanganan memorandum of understanding (MoU), masing-masing pihak menyatakan ketertarikannya pada bentuk-bentuk kerja sama yang dibicarakan dan berjanji untuk menindaklanjuti hasil kunjungan kali ini.

Kunjungan delegasi China ini merupakan salah satu dari bentuk kerja sama China-Indonesia dalam bidang pendidikan vokasi di 45 institusi pendidikan menengah dan tinggi vokasi di Indonesia yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta South East Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMO-LEC). Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelajar dan lulusan pendidikan vokasi pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi baik di China maupun di Indonesia. (WND)