Kunjungan dan Pembicaraan Rencana Kerja Sama UI-University of Queensland

Indeks Berita


Kunjungan dan Pembicaraan Rencana Kerja Sama UI-University of Queensland

Posted by admin on 2013-06-19 15:06:59

Hubungan baik yang telah terjalin selama lebih dari 50 tahun antara Pemerintah Indonesia dengan Australia telah ikut membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studinya di Australia, salah satunya di University of Queensland (UQ). Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dan di Asia Tenggara, Universitas Indonesia (UI) telah menjadi magnet kuat yang menarik perhatian berbagai universitas terbaik dunia untuk bekerja sama dalam pengembangan pendidikan dan penelitian. UI turut menyumbangkan alumni-alumni terbaiknya untuk melanjutkan studi di berbagai universitas terbaik dunia, termasuk di UQ. Tidak sedikit alumni UQ yang berasal dari UI, sekembalinya ke tanah air menempati posisi penting, baik di institusi pemerintah, perusahaan, maupun di organisasi non-pemerintah.

University of Queensland, Australia sendiri merupakan salah satu dari 50 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia versi QS World University Rankings dan masuk dalam jajaran 100 Universitas Terbaik Dunia menurut Times Higher Education. UQ juga termasuk dalam 10 Universitas Terbaik di kawasan Asia Pasifik, dan 100 Universitas Terbaik Dunia berdasarkan survei akademik yang dilakukan oleh Shanghai Jiao Tong University. Sebagai salah satu dari tiga universitas riset terbaik di Australia, UQ telah mengembangkan riset dan penelitian dalam berbagai bidang, juga telah memberikan berbagai kesempatan bagi mahasiswa di seluruh dunia untuk melanjutkan studi di UQ.

Dengan latar belakang dan reputasi yang sangat mengesankan yang ditunjukkan oleh UQ dan UI, Selasa (28/05) Delegasi UQ berkesempatan melakukan kunjungan dan pembicaraan rencana kerja sama dengan UI. Delegasi UQ dipimpin oleh Prof. Deborah Terry (Senior Deputy Vice-Chancellor), diterima secara langsung oleh Wakil Rektor UI Bidang Penelitian, Pengambangan dan Kerjasama Industri Sunardji, S.E., M.M., dan Kepala Kantor Internasional Junaidi, M.A. di Ruang Rapat 5C Gedung Perpustakaan UI.

Hadir pula dalam kesempatan ini yaitu perwakilan dari beberapa fakultas, di antaranya Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM),Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi (FE), Hukum (FH), dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB). Dalam kesempatan ini, UI-UQ membicarakan berbagai kemungkinan untuk menuangkan kerja sama yang lebih konkret dalam perjanjian kerja sama di beberapa bidang. (Humas FIB)