Kuliah Umum dan Gladi Bersama Probumsil

kuliah umum 1

Bandung, UPI

Pencitraan insan akademis intelektual dan layanan keprotokolan menjadi tujuan utama Probumsil UPI. Dalam mencapai tujuan tersebut Protokol Bumi Siliwangi melaksanakan kuliah umum dan geladi bersama pada tanggal 15 Jumadil Awal 1436 H yang bertepatan dengan 7 Maret 2015 M yang menjadi rangkaian kegiatan Dies Natalis VII Probumsil UPI.

Kuliah umum yang dilaksanakan di Auditorium JICA FPMIPA UPI dan Gladi bersama dilaksanakan di University Center ini selain dihadiri oleh sivitas korps juga diikuti oleh 150 peserta dari berbagai kalangan dan keilmuan, mahasiswa UPI, serta mahasiswa dari Universitas Maranata dan Universitas Telkom.

Kuliah umum tersebut dimulai dengan Laporan Mitra Tama kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia selaku Pembina Madya yaitu Dr. H. Suwatno, M.Si.

kuliah umum 2Kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. (HC) Popong Otje Djundjunan (Anggota DPR RI Komisi X) membahas tema “Budaya dan Nilai Kebangsaan”. Dalam kegiatan tersebut beliau menjelaskan mengenai persatuan dan kesatuan dimana kedua hal tersebut merupakan hal yang berbeda namun tidak dapat dipisahkan. Beliau juga membahas tentang langkah konkret untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dengan berbagai macam perbedaan baik dari suku bangsa, ras, budaya dan agama di Indonesia.

“Budaya dan nilai kebangsaan merupakan bekal bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan kedepan, dengan budaya kita dalam menunjukkan ke dunia siapa Indonesia sebenarnya dan nilai kebangsaan menjadi jati diri bangsa ini”, kata Ceu Popong panggilan akrabnya.

Setelah kuliah umum dilanjutkan dengan kegiatan Geladi Bersama Satuan Tugas Protokol (GBSTP) yang dilaksanakan di University Center Unipersitas Pendidikan Indonesia, peserta GBSTP adalah Dewan Pengurus dari Kampus Bumi Siliwangi, Satuan Kampus Cibiru, Satuan Kampus Purwakarta, dan Satuan Kampus Tasikmalaya.

GBSTP

Tujuan diadakannya GBSTP ini untuk meningkatkan Kualitas Dewan Pengurus dalam memberikan layanan keprotokolan di lingkungan universitas. Agenda GBSTP ini langsung pada simulasi penugasan yang biasa dilaksanakan oleh korps. Simulasi penugasan dipimpin langsung oleh Ketua Panca Pendiri Korps/Mitra Tama Tahun Bakti I, adapun simulasi yang dilakukan yaitu upacara akademik, kegiatan universitas, MoU dan penugasan lainnya yang melibatkan Protokol Bumi Siliwangi. Semoga dengan adanya GBSTP ini dapat meningkatkan kualitas penugasan Probumsil sehingga dapat menjadi protokol yang paripurna. (Deputi Publikasi Probumsil)

~ dilihat : 232 kali ~