KPM UPI Lantik Protokoler Utama Baru

1

Bandung, UPI

Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (KPM UPI) kembali menyelengarakan Sidang Terbuka Berkenaan dengan Promosi Kenaikan Tingkat Protokoler Utama pada tanggal 17 Syawal 1434 H/25 Agustus 2013 M, di Gedung Sunaryo Kartadinata (University Centre) lantai 1, Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pembina Harian II selaku penguji ahli Bunda Dr. Ipah Saripah, M.Pd., Purna Bhakti Korps. Selain itu, dihadiri juga oleh orang tua dan keluarga dari calon protokoler utama, Mitra KPM UPI dari UNIKOM, UNISBA, IM Telkom, KSR UPI, Menwa UPI.

Calon Protokoler Utama yang melaksanakan Sidang yaitu :

  1. Sriwulan Damayanti (Pend. Manajemen Perkantoran, 2011)
  2. Hanisa Sismaya Lestari (Pend. Manajemen Perkantoran, 2011)
  3. Gerry Novan (Pend. Bahasa Jepang, 2010)
  4. Mochammad Arief Komaruddin (Pend. Bahasa Jepang, 2011)

2Dalam sidang tersebut, calon protokoler utama menyampaikan hasil kajian makalahnya mengenai keprotokolan ataupun yang berhubungan dan bermanfaat buat korps serta diuji oleh Penguji Ahli dalam sidang tersebut. Kesempatan pertama Sri Wulan Damayanti memaparkan hasil makalahnya mengenai “Pola Klarisifikasi Arsip Administrasi Keanggotaan di Organisasi (Aplikasi KPM UPI)”. Isi dari makalah menjelaskan alur penerimaan anggota baru KPM UPI dan arsip administrasi keanggotaan.

Selanjutnya, Hanisa Sismaya Lestari (Pend. Manajemen Perkantoran, 2011) memaparkan makalahnya mengenai “Manajemen Acara Pada Penandatanganan Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) sebagai Upaya Perluasan Kemitraan”. Secara umum makalah yang dipaparkan berisikan jenis acara pada penandatanganan MoU,  mekanisme manajemen acara dan tata letak tempat pelaksanaan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding.

Kesempatan Ketiga, Gerry Novan (Pend. Bahasa Jepang, 2010) memaparkan hasil makalahnya mengenai “Peran Anggota KPM UPI sebagai Pemandu Wisata terhadap Tamu Universitas”. Diawali dengan menjelaskan mengenai keprotokolan, klasifikasi dan pemandu wisata. Gerry Novan menjelaskan peran pemandu wisata universitas yang merupakan salah satu bentuk pengaplikasian dari Liaisson Officer, kriteria pemandu wisata, dan prosedur dalam menjalankan tugas, mulai dari penerimaan tugas dari lembaga terkait hingga pelaksanaan, dan mekanisme pemanduan.

Calon Protokoler Utama terakhir yang memaparkan makalah yaitu Mochamad Arief Komarudin (Pend. Bahasa Jepang, 2011) dengan judul “Peran Barikade Ucap Janji dan Penyematan Jas Almamater Pada Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Penjelasan diawali dengan penjelasan pengertian mengenai keprotokolan dan barikade. Secara garis besar makalah yang dipaparkan menjelaskan peran barikade ucap janji, peran barikade dalam penyematan Jas Alamamater, dan formasi barikade.

3Pada Kesempatan kali itu Pembina Harian II KPM UPI menyampaikan kesannya terhadap hasil makalah “Dari tahun ketahun KPM UPI mengalami perkembangan yang baik, khususnya mengenai makalah protokoler utama, dari ke empat judul yang disampaikan merupakan hal baru yang sangat penting bagi korps”.

Setelah kegiatan Sidang Terbuka dilanjutkan dengan kegiatan Upacara Kebesaran KPM UPI berkenaan dengan Kenaikan Tingkat Protokoler Utama, Protokoler Madya dan Protokoler Mula. Upacara dipimpin oleh Mitra Tama selaku inspektur upacara. Para anggota yang dilantik diambil sumpahnya untuk menjalankan kewajiban sesuai dengan tingkatannya. (Humas KPM UPI)

~ dilihat : 391 kali ~