Korps Protokoler Mahasiswa UPI Masuki Usia Lima Tahun

16508_2902897548226_484510585_n

Bandung, UPI

Korps Protokoler Mahasiswa Universitas  Pendidikan Indonesia (KPM UPI) akan memasuki usia lima tahun pada tanggal 16 Rabiul Akhir 1434 H bertepatan dengan 27 Februari 2013. Sejak didirikan 16 Rabiul Akhir 1429 H atau 22 April 2008, KPM UPI mewadahi minat mahasiswa dalam Ilmu Keprotokolan, dan terus memberikan layanan keprotokolan dalam setiap acara Universitas sebagai pencitraan mahasiswa dalam kehidupan akademik kampus.

Bendirinya KPM UPI berawal dari ketika Puji Nur Firman mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2005 menjadi Delegasi RI untuk mengikuti The Education Cultural and Government of Conference di Novokuznetskaya-Lomonoosvky, Rusia yang berlangsung pada 21 s.d 27 Oktober 2006. Pada acara tersebut, ia berkesempatan melihat nuansa akademik yang begitu kental dan dinamis pada beberapa universitas, yang mempunyai tradisi dan kultur universitas yang sangat erat dengan kegiatan ceremony.  1

Dalam pelaksanaannya di sana mahasiswa sangat antusias dan berperan secara langsung turut membantu kegiatan universitas, namun jarang sekali mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang terlibat secara langsung dalam kegiatan seperti itu.

Maka, tanggal 14 April 2008 terbentuklah tim formatur yang sekarang dikenal Panca Pendiri terdiri dari: (1) Ketua merangkap Anggota Panca Pendiri, Puji Nur Firman (Pendidikan Luar Sekolah/2005/FIP); (2) Anggota Panca Pendiri, Dimas Awal Ginanjar (Pendidikan Jasmani Keolahragaan dan Rekreasi/2005/FPOK); (3) Anggota Panca Pendiri, Jembar Adi Setya (Pendidikan Jasmani Keolahragaan dan Rekreasi/2005/FPOK); (4) Anggota Panca Pendiri, Wenda Averroes Akil (Psikologi/2006/FIP); (5) Anggota Panca Pendiri, Afsari Mutiara Maulida Putri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris/2006/FPBS).

Tanggal 16 Rabiul Akhir 1429 H/22 April 2008 terbentuklah Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dan Penamaan KPM UPI merupakan bagian dari keterikatan dengan Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendjadjaran  (KPM UNPAD) sebagai organisasi yang telah banyak membantu pembentukan KPM UPI. Penamaan KPM dengan harapan jiwa korps selalu tumbuh dalam kehidupan insan protokoler mahasiswa.

Memasuki usia 5 tahun Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia berkiprah di Universitas, beberapa pencapaian telah dilakukan KPM UPI dibawah kepemimpinan Mitra Tama (Ketua) dari tahun ke tahun. Adapun pencapaian KPM di antaranya:

1.  Tahun Bakti I

Pada Tahun Bakti I, kepemimpinan Mitra Tama Kakanda Puji Nur Firman (Pendidikan Luar Sekolah/FIP/2005) kondisi KPM UPI pada awal pendirian mendapat sambutan yang baik dari pihak Universitas dengan dilibatkannya KPM UPI pada kegiatan First World Congress on Teacher For Technical and Vocational and Tranning (TVET).

2. Tahun Bakti II

Pada Tahun Bakti II, kepemimpinan Mitra Tama Kakanda Wenda Avveroes Akil (Psikologi/FIP/2006) dilanjutkan dengan Kakanda Ilham Jauhari W (Pendidikan Luar Sekolah/FIP/2006) berhasil mengembalikan kondisi KPM UPI seperti awal pembentukan dan saat itu Kakanda  Ilham Jauhari W diangkat menjadi Plh Mitra Tama.

3. Tahun Bakti III

Pada Tahun III, KPM UPI dipimpin oleh  seorang Mitra Tama perempuan yaitu Kakanda Ficka Eka Lestari (Pendidikan Bahasa Jepang/FPBS/2006), beliau menjabat selama 5 bulan dikarenakan telah menyelesaikan studinya/lulus dari UPI dan digantikan oleh Mitra Muda pada saat itu Kakanda Ema Rahmawati (Pendidikan Luar Biasa/FIP/2007) selaku Plt. Mitra Tama. Kondisi pada saat Tahun Bakti III koordinasi dan komunikasi dengan pihak Universitas dan Ormawa membaik.

4. Tahun Bakti IV

Pada Tahun Bakti IV, kepemimpinan Mitra Tama Kakanda Endar Muktar Jaelani (Manajemen Resort and Leisure/FPIPS/2008) berhasil memimpin satu tahun kepengurusan. Pada tahun Bakti IV pencapain telah membentuk KPM di kampus daerah, September 2011 terbentuklah KPM di UPI Kampus Cibiru dan Desember 2011 terbentuk KPM di UPI Kampus Purwakarta. Penamaan KPM di Kampus daerah bernama KPM UPI Satuan Kampus Cibiru dan Purwakarta.

5. Tahun Bakti V

Pada Tahun V, kepemimpinan Mitra Tama Kakanda Deni Ahmad Kurniadi (Akuntansi/FPEB/2009). KPM UPI berhasil menjalin kerja sama dengan pihak eksternal Universitas dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara KPM UPI dengan HIMPAUDI JABAR serta SMA Plus Pariwisata Bandung. Selama hampir 5 tahun KPM UPI berdiri permohonan Dewan Pengurus untuk pengadaan Jas Protokol yang baru Alhamdulilah dapat terealisasikan dengan tambahan 50 Jas Protokol.

6. Tahun Bakti VI

Kepemimpinan Mitra Tama KPM pada Tahun Bakti VI oleh Gerry Ginanjar (Pendididikan Kewarganegaraan/FPIPS/2011). Kepengurusan Tahun Bakti VI dilantik pada 27 Rabiul Awal 1434 H bertepatan dengan 8 Februari 2013, dan baru 3 minggu berjalan.

Secara organisatoris KPM UPI memiliki organ-oragan yang menjadi pembelajaran organisasi dan kematangan dalam berbngsa, bernegara, dan melestarikan budaya, organ-organ tersebut adalah :

MWO adalah : organ korps yang berfungsi untuk mewakili kepentingan Universitas dan Korps dalam memberikan nasihat, usulm dan saran kepada Dewan Pengurus baik diminta ataupun tidak diminta. Terdiri dari  Rektor, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan, Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan, Pembina Utama, Pembina Harian I dan II, Mantan Mitra Tama Tahun Bakti sebelumnya berjumlah 3 orang dan Mitra Tama yang sedang memimpin.

Panca Pendiri adalah organ korps sebagai pendiri yang telah membentuk dan merumuskan kelembagaan korps. Terdiri dari Puji Nur Firman, Dimas Awal Ginanjar, Jembar Adi Setya, Wenda Averroes Akil, dan Afsari Mutiara Maulida Putri.

Dewan Pengurus adalah pelaksana tertinggi atas berjalannya roda korps yang dipimpin Mitra Tama. Terdiri dari Komponen I, II, dan III.

Dewan Protokol Utama adalah organ korps yang menjaga kehidupan, kultur, integritas, moral serta etika dalam lingkungan civitas korps. Dipimpin oleh Ketua dan Sekrtetaris Dewan Protokoler Utama.

Satuan Kampus Daerah adalah bagian dari Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang berada di UPI Kampus Daerah dan bertujuan untuk mewadahi anggota KPM UPI di Kampus Daerah. KPM UPI Kampus Daerah yang telah terbentuk KPM UPI Satuan Kampus Cibiru dan KPM UPI Satuan Kampus Purwakarta.

Purna Bahkti Korps adalah himpunan amanta anggota Korps yang telah menyelesaikan masa studi dan tidak cacat tugas serta memiliki kepedulian,untuk memberikan arahan, dan masukan kepada korps. Purna Bhakti Korps dipimpin oleh Satya Purna (Ketua Purna) dan dibantu oleh sekretaris purna.

Kini mahasiswa terlibat dalam kegiatan ceremony kampus bukanlah hal yang mustahil dan aneh lagi, KPM UPI mampu melibatkan diri dan dilibatkan dalam setiap acara Universitas, tugas rutin yang diamanahi sebagi pelaksana protokol seperti Wisuda, Dies Natalis, Pengukuhan Guru Besar, Penerimaan tamu Pejabat Negara/Pemerintahan, MoU, dan Ceremony lainya, nuansa akademik, Islami, dan sunda menjadi marwah tersendri bagi KPM UPI dalam menjalnkan tugas dan roda oerganisasinya hal ini ditandai dengan sidang-sidang yang selalu dilakukan oleh KPM UPI seperti Sidang Awal Ramadhan, Sidang Awal Tahun Hijriah, Sidang berkenaan dengan Pengukuhan Purna Bhakti Korps dan Sidang berkenaan dengan Promosi Kenaikan Tingkat Protokoler Utama.

Dalam 5 tahun KPM UPI, Alhamdulillah Penugasan-penugasan yang telah dilakukan oleh KPM UPI diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menjadi tim protokol pada kegiatan First World Congress on Teacher for Technical and Vocational and Trainning (TVET).

2. Menjadi tim protokol pada Seminar Internasional UPI-UPSI.

3. Menjadi tim protokol pada pelantikan Rektor UPI masa bhakti 2010-2015.

4.Menjadi tim protokol pada penganugerahan Doktor Kehormatan/Honoris Causa Dr. (HC). M. Jusuf Kalla dan Dr. (HC). Popong Otje Djunjunan.

5. Menjadi tim protokol pada acara peringatan Sumpah Pemuda tingkat nasional ke-83 yang dihadiri oleh Bapak Wakil Presiden RI.

6. Menjadi tim protokol pada kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ke UPI.

7. Menjadi tim protokol pada penandatanganan MoU peresmian P3K WPT yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI.

8. Menjadi tim protokol pada Acara Deklarasi Nasional Spirit of Bandung yang dihadiri oleh Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

9. Menjadi tim protokol pada 70 tahun purna bhakti Bapak Prof. Dr. H.M. Fachry Gaffar, M.Ed.

Menyambut 5 Tahun KPM UPI berdiri menandakan Lustrum I dan Dies Natalis V KPM UPI mengambil tema “Bersyarikat Karena Taat” dengan arti Barsyarikat membuktikan berkumpul, beristiqomah, dan bersatu karena ketaatan pada Alloh SWT, Muhammad SAW, dan Pemimpin serta menaati aturan, marwah dan Perdupkors sebagai panduan civitas Korps.

Rangkaian Acara Lustrum I dan Dies Natalis V KPM UPI sebagai berikut :

  1. Upacara Kebesaran Utama Berkenaan dengan Dies Natalis V KPM UPI dilaksanakan pada Selasa, 15 Rabiul Akhir 1434 H/26 Februari 2013 bertempat di Halaman Partere UPI.
  2. Majelis Tilawah/Pengajian KPM UPI dilaksanakan pada Rabu, 16 Rabiul Akhir 1434 H/27 Februari 2013 bertempat di Masjid Alfurqan UPI.  
  3. Jamuan Makan Berkenaan dengan Dies Natalis V KPM UPI dilaksanakan Sabtu, 19 Rabiul Akhir 1434 H/2 Maret 2013 bertempat di Banana Inn Hotel.

Ucapan Terima Kasih kami sampaikan kepada Prof. Dr. H.Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Prof. Dr. Rusli Lutan., Prof. Dr. Abin Syamsudin., MA, Prof. Dr. Endang Sumantri, M.Pd., Prof. Chaedar Alwasillah, M.A, P.hd., Prof. Dr. Utari Sumarmo, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., Prof. Dr. E. Aminudin Aziz MA., Dadang Sudana, MA., P.hD., Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd., Dr. Yayah Rahyasih, M.Pd., Rudiyanto, S.Pd, M.Si., Dr. Ipah Saripah, M.Pd., Dra. Arciana Damayanti, MM., Dr. Cecep Darmawan, S.Pd, S.Ip, M.Si., Dr. Mamat Ruhimat, M.Pd., Dr. Suwatno, M.Si., Sri Harto, M.Pd., Dr. Vanessa Gaffar, SE, Ak., MBA., Purno, M.Pd., Syahroni, M.Pd., Kustopa, Antonius (Komanda Security), Andhika Duta Bahari,M.Hum, Sopandi, S.Pd, Nana, serta  semua pihak yang selalu memberikan dukungan dan bimbingan kepada KPM UPI sehingga 5 tahun sudah KPM berdiri di Universitas Pendidikan Indonesia dalam memberikan layanan dan pencitraan bagi universitas. Semoga di usia 5 tahun ini KPM UPI dapat mengawal UPI dalam mewujudkan Universitas Pelopor dan Unggul dengan berlandaskan pada Agama, Budaya, Bangsa dan Negara.

Lustrum I Dan Dies Natalis V  Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia  16 Rabiul Akhir 1429 H – 16 Rabiul Akhir 1434 H “Bersyarikat Karena Taat” (WAS)

~ dilihat : 906 kali ~