Konsentrasi Humas Lebih Diminati Mahasiwa Ikom 2012

Bandung, UPI1

Menjelang libur semester ganjil, dan memasuki semester genap 2015, mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2012 diwajibkan memilih konsentrasi. Terdapat dua konsentrasi yang ditawarkan oleh Departemen Ilmu Komunikasi, yaitu Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat.

Kedua konsentrasi tersebut diterapkan bagi mahasiswa Ikom semester 6. Dari kedua konsentrasi tersebut, Public Relation lebih diminati oleh mahasiswa Ikom angkatan pertama. Ada kemungkinan kelas Jurnalistik berjumlah sati kelas dan untuk PR dua kelas. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya peminat konsentrasi PR dibandingkan dengan kelas jurnalistik.

Ketua Departemen Ilmu Komunikasi, Dr. Ridwan Effendi, M.Ed. mengatakan “Walaupun sedikit, kelas Jurnalistik tetap ada”. Banyaknya peminat konsentrasi PR bukan tanpa alasan, kebanyakan mahasiswa Ikom mengaku lebih tertarik dengan bidang kehumasan karena cakupan potensi kerja yang lebih luas, bahkan ada kesempatan juga untuk menjadi duta besar. Di samping itu, mata kuliah yang dikontrak jadi pertimbangan peminatnya. Di PR akan dipelajari mata kuliah tentang penulisan PR, Manajemen PR, dll.

Tak ingin kalah dengan konsentrasi PR, peminat Konsentrasi Jurnalistik pun turut bersuara. Mereka memiliki mimpi menjadi reporter, broadcaster, dan semua yang berhubungan dengan dunia perjurnalistikan. Di jurnalistik akan dipelajari mengenai media radio dan televisi, wirausaha media, dll.

Sejauh ini, mahasiswa Ikom 2012 telah melakukan beberapa kunjungan studi lapangan yang berkaitan dengan kedua konsentrasi tersebut. Di antaranya untuk bidang PR adalah PT.Telekomunikasi (Bandung), PT.Krakatau Steel (Cilegon), PT. Garuda Indonesia (Tangerang). Sedangkan di bidang jurnalistik pernah melakukan kunjungannya ke Media SCTV (Jakarta) dan KPID Jawa Barat (Bandung).

Dari semua kunjungan tersebut, menjadi bekal bagi mahasiswa Ikom angkatan pertama ini untuk menatap semester baru. (Ghifari Syarief Dalila, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPIPS UPI)

~ dilihat : 211 kali ~