Klinik Satelit UI Siap Berikan Layanan Kesehatan

PKM BaruJika sebelumnya layanan kesehatan untuk warga UI disediakan di Pusat Kesehatan Mahasiswa (PKM), kini warga UI dapat menikmati layanan kesehatan yang lebih lengkap di Klinik Satelit UI. Secara resmi, Klinik Satelit UI mulai beroperasi Senin (16/3/2015).

Berlokasi dekat Fakultas Teknik UI, klinik ini terdiri dari tiga lantai. Menurut Manajer Pelayanan Medik Klinik Satelit UI, Dr. dr. Dhanasari Vidiawati Sanyoto, M.Sc.-CMFM., selain menyediakan layanan di poliklinik umum, poliklinik gigi, dan farmasi, untuk ke depannya klinik ini siap menyediakan layanan lainnya. Saat ini, Klinik Satelit UI tengah bersiap menyediakan klinik tumbuh kembang anak, klinik kesehatan reproduksi, dan klinik untuk usia lanjut.

Klinik Satelit yang berlokasi di kampus UI, Depok, ini adalah satu dari tujuh klinik satelit yang akan dibangun di kawasan Jabodetabek. Klinik ini termasuk ke dalam layanan primer. Dalam layanan kesehatan berjenjang, seseorang dapat memanfaatkan layanan primer sebelum dirujuk ke rumah sakit. Oleh karena itu, klinik ini juga tengah dipersiapkan agar dapat memberikan layanan bagi pemegang kartu BPJS.

“Karena UI mau bikin rumah sakit, konsepnya rumah sakit itu tempat rujukan. Orang datang untuk mencari pertolongan kesehatan di layanan primer dulu yang menjadi satelit dari rumah sakit,” kata dr. Dhanasari.

Selain menyediakan layanan kesehatan, Klinik Satelit UI  juga akan menjadi tempat belajar para mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK). “Jadi, sekaligus untuk praktik. Makanya di sini juga ada ruang diskusi untuk mahasiswa serta ruangan yang bisa digunakan sebagai ruang pertemuan atau seminar,” pungkasnya.

Penulis: R. A. Khairun Nisa

Editor: Inung Imtihani

~ dilihat : 225 kali ~