Kenali Perkembangan Anak pada Tahap Sekolah

Bandung, UPI1

Dunia sekolah memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Idealnya, anak mampu menyelesaikan setiap tugas perkembangan pada tahap sekolah, namun adakalanya beberapa anak bisa saja mengalami hambatan dalam memenuhi tugas perkembangannya. Pemahaman mengenai perkembangan anak seyogianya dimiliki setiap orang tua, guru, pengasuh anak, atau siapapun yang secara intensif berinteraksi dengan anak.

Untuk memfasilitasi para pendidik agar mendapatkan wawasan mengenai perkembangan anak, Pusat Psikologi Terapan (P2T), lembaga pelayanan psikologi di bawah naungan Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Short Course “Identifikasi dan Asesmen Perkembangan Anak”(Meeting Room Isola Resort dan Seminar Room Perpustakaan UPI, 24-25 Februari 2015).

Acara ini diikuti oleh 43 peserta pada hari pertama, dan 34 peserta pada hari kedua. Peserta short course berasal dari mahasiswa psikologi, serta beberapa pengajar dan praktisi pendidikan anak, seperti Yayasan Gagas Ceria, Gymboree Preschool, LPLP3KS Darul Hikam, dosen-dosen dari Program Studi PKK dan PGPAUD, dan psikolog dari luar kota.

Empat pemateri menjadi pembicara dalam kegiatan ini, yaitu Dr. Tina Hayati Dahlan, M.Pd., Psikolog yang menyampaikan materi mengenai teknik observasi, Dra. Herlina, M.Pd., Psikolog membahas mengenai Asesmen dan Deteksi Dini Hambatan dalam Perkembangan Anak, Alia Zarman, M.Psi., Psikolog menyampaikan materi pendalaman alat tes perkembangan NST dan Frostig, serta Linda Widyastuti, M.Psi., Psikolog menyampaikan materi teknik wawancara dan pendalaman alat tes CPM.

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan materi mengenai identifikasi serta mampu melakukan asesmen terhadap anak, baik dalam dunia kerja maupun dalam pendidikan dalam lingkungan keluarga. (Anggit & Dila)

~ dilihat : 221 kali ~