Kedatangan Mahasiswa KKN UPI Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

kkn 8Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Pendidikan Indonesia yang dilaksanakan tanggal 24 Juni – 3 Agustus 2013 diberbagai daerah sekitar Jawa Barat menyisahkan banyak cerita, salah satunya di Desa Bojongkoneng Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.

KKN di Desa Bojongkoneng ini bertemakan POSDAYA dibentuk  oleh 11 mahasiswa UPI yaitu : Intan Uswatun Hasanah (Pendidikan Kimia); Taupik (Pendidikan Sejarah); Heri Susanto (Pendidikan Bahasa Daerah); Siti  Nurhalimah (Psikologi); Ami Rony fahmy Ramdhany (PGSD); Suci Fathimah Galelasha (MPP); Aziza Januar R (Pendidikan Teknik Elektro); Hayatun Zakiyah (Pendidikan Psikologi dan Bimbingan); Larasari Octariani (Pendidikan Bahasa Prancis); Cynthia Rizky (Pendidikan Seni Musik); dan Aris Kosasih (Pendidikan Matematika). Selama kurun waktu 14 hari sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan dimana diantara kegiatan-kegiatan tersebut banyak mendapatkan dukungan langsung dari dinas-dinas terkait di lingkungan pemerintahan kabupaten Bandung Barat dan beberapa perusahaan swasta di sekitar Bandung untuk ikut serta dalam mensukseskan kegiatan KKN tematik tersebut.kkn 5

Kegiatan yang sudah terlaksana bekerjasama dengan Dinas terkait Kabupaten Bandung Barat, pihak swasta dan dengan intansi setempat diantaranya adalah :

  1. Jumsih (Jumat Bersih), kegiatan membersihkan lingkungan di sekitar desa Bojongkoneng ini mendapatkan bantuan langsung dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Bandung Barat melalui Bidang Kebersihan dengan mengirimkan truk pengangkut sampah yang rencananya akan rutin dilaksanakan bahkan setelah KKN selesai,
  2. Pengobatan Gratis yang dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Juli 2013 di Aula Desa Bojongkoneng ini mendapatkan bantuan langsung dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, untuk melaksanakan kegiatan tersebut melibatkan tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Ngamprah dan Cimareme yang dibantu oleh beberapa dokter dan beberapa siswa SMK Farmasi Kabupaten Cianjur
  3. Pemeriksaan golongan darah gratis mendapatkan bantuan berupa alat-alat dan perlengkapan medis yang dibutuhkan dari toko alat kesehatan SAKURA MEDICAL di jln Padjajaran No 15, rencananya pemeriksaan golongan darah tersebut akan dialokasikan untuk 1.000 penduduk desa Bojongkoneng
  4. Penyuluhan Kesehatan dan Informasi Bidik Misi, penyuluhan pola hidup sehat dan penguatan tugas dan fungsi dari kader PKK yang pelaksanaannya bekerjasama dengan UPTKB, Puskesmas Kecamatan Ngamprah yang memberikan materi secara langsung kepada seluruh kader PKK yang tersebar di 18 RW Desa Bojongkoneng dan Informasi beasiswa Bidik Misi yang merupakan permintaan langsung dari Kepala Desa Bojongkoneng juga disampaikan oleh anggota KKN yang mendapatkan beasiswa tersebut, agar masyarakat sekitar yang ingin anaknya kuliah dan mampu secara akademik akan tetapi tidak mampu secara materi dapat terbantu dengan adanya program bidik misi.
  5. Senam Bersama Ibu-ibu PKK, Senam bersama Ibu-ibu PKK ini dilaksanakan setiap hari Sabtu bekerjasama dengan tim penggerak PKK Desa Bojongkoneng ini agar meningkatkan pola hidup sehat masyarakat dan Alhamdulillah pesertanya sudah cukup banyak.

Ada pula beberapa kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan dan bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya adalah :

  1. Pembagian alat-alat KB  gratis, kegiatan ini akan dilaksanakan dan  bekerjasama dengan BPPPKB Kabupaten  Bandung Barat
  2. Pembentukan sekolah percontohan peduli lingkungan hidup akan dilaksanakan dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat yang menyambut baik program tersebut dan dari dinas tersebut mempunyai target agar dilombakan di tingkat Provinsi.
  3. Peningkatan kesejahteraan melalui pertanian dan perkebunan, kegiatan ini berupa pembekalan berupa seminar tentang cara bertani dan berkebun yang benar, serta pembagian bibit padi, dan cengkeh gratis untuk 250 kepala keluarga yang diberikan oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung Barat.

kkn 13Sementara itu untuk kegiatan lain yang sudah atau yang sedang dan akan dilaksanakan diantaranya; Mendirikan tempat pengajaran baca tulis Al-quran; Lomba memasak kelompok anak-anak santri; Posyandu keliling di 18 RW; Lomba keislaman untuk menyemarakan bulan suci Ramadhan; Pesantren kilat; Bimbel untuk anak-anak PAUD dan SD; Mengajar tutor dan peserta  PAUD (penguatan); Cerdas – cernat ibu-ibu PKK; Kegiatan PLS; Seminar tentang dampak pernikahan dini; dan Membantu mengembangkan usaha Kripik Singkong dan Ranginang warga.

Berbagai kegiatan di atas merupakan sebagian kecil dari kerja nyata Mahasiswa UPI di lokasi KKN, banyak hal yang dikerjakan dan tidak diagendakan ataupun direncanakan yang dilakukan di lokasi KKN, tentu saja hal  itu untuk menjaga nama baik individu dan almamater.

Kelompok KKN UPI berharap setelah KKN tematik selesai kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa dan masyarakat dapat diteruskan secara mandiri oleh warga sekitar sehingga sistem yang sudah dibuat tersebut berjalan sesuai tujuan utama, dan semoga aksi kecil dari  mahasiswa KKN Tematik UPI dapat terasa dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar karena menurut beberapa tokoh sekitar memang sudah 4 kali Desa Bojongkoneng kedatangan Mahasiswa KKN UPI selalu terasa manfaatnya oleh masyarakat dibandingkan dengan KKN dari kampus lain. (Laporan Taupik : Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI Angkatan 2010/ Ketua KKN Tematik UPI Desa Bojongkoneng Kec Ngamprah Kab Bandung Barat)

kkn 9

kkn 3

~ dilihat : 1091 kali ~