Kebijakan Baru UI: Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Indeks Berita


Kebijakan Baru UI: Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

Posted by humas-ui on 2013-11-22 09:07:17

Tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar, itu sudah menjadi sesuatu yang umum diketahui. Namun pernahkah berpikir bahwa kegiatan-kegiatan diluar kegiatan belajar juga dapat bermanfaat bagi mahasiswa? Ya, karena pada perkembangannya institusi-institusi atau perusahaan tidak lagi hanya melihat nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) seorang mahasiswa semata, namun juga prestasi, pengalaman kerja dan organisasinya melalui curriculum vitae yang dicantumkan pelamar. Biasanya hal ini dilakukan perusahaan untuk menilai kemampuan sosial, manajerial, serta kepemimpinan si calon pegawai.

Melihat perkembangan tersebut, Universitas Indonesia sebagai sebuah institusi pendidikan yang terus berupaya mengakomodiir perkembangan zaman, pada 2008 telah membuat suatu sistem dokumentasi rekam jejak prestasi mahasiswa yang dapat diakses di www.presma.ui.ac.id. “Di laman ini mahasiswa dapat memasukkan kegiatan-kegiatan organisasi, magang, ataupun prestasi yang dihasilkannya selama ini agar hal-hal tersebut mendapat pengakuan secara resmi dari universitas,” tutur Arman Nefi S.H., M.M., Direktur Kemahasiswaan UI ketika menuturkan tentang sistem ini. “Proses yang harus dijalani untuk dapat mencetak biodata prestasi ini adalah dengan cara mengisi terlebih dahulu secara online, lalu sehabis itu mahasiswa tersebut harus menyerahkan sertifikat-sertifikat atau bukti-bukti lainnya atas kegiatan dan prestasi-prestasi tersebut ke pihak mahalum, baru kemudian mahalum menyetujui dan kemudian rektorat akan mencetaknya menjadi dokumen resmi,” tuturya menjelaskan.

Diakuinya bahwa sistem ini belum dilakukan secara masif, dan masih banyak yang belum tahu karena memang tidak ada kewajiban untuk mengisi data di presma ini. “Namun pada tahun 2013 ini, Dikti menerbitkan peraturan bahwa setiap perguruan tinggi negeri di Indonesia harus mengeluarkan semacam surat keterangan pendamping resmi untuk kegiatan-kegiatan dan prestasi yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswanya sekaligus menjelaskan tentang kualitas suatu universitas tempat lulusan tersebut menimba ilmu. Disinilah UI akan menerbitkan apa yang disebut dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau suplemen diploma dan prestasi mahasiswa adalah salah satu komponen di dalam SKPI ini,” tuturnya.

SKPI atau suplemen diploma sendiri nantinya akan terdiri dari 2 lembar halaman yang terdiri dari lembaran rekaman prestasi mahasiswa dan lembar halaman penjelasan isi keterangan level kualifikasi universitas . “Lembar halaman penjelasan SKPI ini dibuat agar dapat memberikan penjelasan tambahan, terutama kepada pihak di luar negeri, tentang proses pendidikan di Indonesia, khususnya di UI. Dengan membaca SKPI, universitas atau calon employer di luar negeri dapat memperoleh gambaran utuh tentang kualifikasi lulusan-lulusan alumni UI” tutur Karyaman Muchtar dari Direktorat Pendidikan. Untuk kepentingan tujuan tersebut, maka SKPI ini akan dibuat dalam bahasa Inggris dan akan diberikan secara resmi kepada semua mahasiswa yang lulus semester ini (semester gasal 2013/2014). “Tapi masalah mau menggunakannya atau tidak, itu kembali kepada hak masing-masing, ujarnya.

Proses dan mekanisme pengisian secara teknis untuk SKPI atau suplemen diploma ini sendiri sampai saat ini memang belum diputuskan, namun menurut Arman Nefi yang paling penting dari proses ini nantinya adalah verifikasi, “Dalam artian mahasiswa tersebut harus dapat menunjukkan bukti kegiatan dan prestasi-prestasinya dalam bentuk sertifikat atau surat resmi. Ini yang paling penting”, ujarnya. Prof. Riri Fitri Sari , Kepala PPSI UI, menambahkan “Sejak awal seorang mahasiswa haruslah tekun mencatat dan menyimpan dokumen-dokumen kegiatan dan pencapaian-pencapaiannya dengan baik, agar kelak dokumen-dokumen tersebut dapat dikonversi menjadi data diri yang lengkap yang dapat menyatakan rekam jejak pencapaian yang diraih” ujarnya. Jadi jangan ragu, mari kita berprestasi dan berorganisasi! (WND)

~ dilihat : 380 kali ~