Katumbiri, Finalis Gandiva 2014 dari Ikom

Bandung, UPI1

Salah satu dari empat finalis wakil Ilmu Komunikasi FPIPS UPI di Gandiva 2014 adalah Katumbiri. Berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti pelangi. Nama Katumbiri penuh harapan agar karya mereka yang penuh warna seperti pelangi. Karya mereka yang berjudul “Langkah” dalam lomba iklan Gandiva 2014 dengan tema potensi Indonesia.

Karya itu menceritakan tentang seorang laki-laki dan perempuan yang penuh optimis melangkah untuk menghadapi AFTA (Asean Free Trade Area). Seorang laki-laki yang penuh semangat dengan pekerjaannya sebagai pegawai di salah satu produksi sepatu asli Indonesia dan bertemu dengan seorang perempuan ketika akan melihat poster AFTA. Makna yang tersirat dalam video berdurasi 60 detik tersebut adalah Indonesia memiliki potensi dalam menghadapi AFTA dengan berbagai produk yang Indonesia miliki, salah satunya adalah melalui produk sepatu.

Karya ini berhasil memasuki 10 besar di Festival Gandiva 2014. Usman, salah satu anggota tim Katumbiri juga membuat video lain berjudul “Senyum” yang masuk juga 10 besar Gandiva 2014. “Indonesia itu potensinya besar, di samping beberapa produknya yang mendunia, hal sederhana lain yg menjadi potensi orang Indonesia adalah senyum. Tidak banyak yang tahu Indonesia salah satu negara yang masyarakatya murah senyum”. (Ghifari Syarief Dalila, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPIPS UPI)

Berikut adalah video hasil karya Tim Katumbiri, Ikom UPI: https://www.youtube.com/watch?v=3MORMQtLlQ0

~ dilihat : 178 kali ~