KARIMUNJAWA, KEINDAHAN YANG TAK KUNJUNG HABIS

Jepara, UPI1

Indonesia memang surga bagi para penikmat pesona alam. Gunung kokoh menjulang tinggi, laut biru lengkap dengan hamparan pasir putihnya, serta sawah hijau bak permadani memang menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan keunikan dan keragaman budaya, membuat Indonesia wajib menjadi destinasi utama setiap pelancong baik lokal maupun internasional.

Salah satu kekayaannya tersimpan di Kepulauan Karimunjawa yang terletak di Utara Kota Semarang. Kepulauan yang menyimpan hamparan pasir putih dan terumbu karang ini terdiri atas 27 pulau kecil yang dapat memikat hati semua mata yang melihatnya.

Untuk mencapai ke kepulauan Karimunjawa, ada tiga alternatif transportasi yang dapat dipilih. Pertama, jika mempunyai cukup uang, anda dapat langsung terbang menggunakan pesawat dari Semarang ke Karimunjawa. Karena, di Karimunjawa terdapat bandara untuk pesawat kecil.

Kedua, menggunakaan kapal ferry dari pelabuhan Jepara. Dengan budget Rp 30.000/orang. Untuk sampai ke kepulauan Karimunjawa, Anda akan menghabiskan waktu selama 6 jam perjalanan. Sedangkan yang ketiga, menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Jepara, budgetnya lebih mahal dari kapal Ferry namun dengan jangka waktu tempuh sekitar 2 jam.

Yang perlu dicatat adalah, untuk membeli tiket kapal cepat Kartini dan tiket kelas VIP KM Muria terkadang diperlukan pemesanan di muka. Tidak jarang, tiket kapal cepat Kartini dan VIP KM Muria sudah habis pada hari-H pemberangkatan.

Kepulauan Karimunjawa memang belum sepopuler Bali dan Lombok, namun Anda tak perlu meragukan keindahan alam yang ditawarkannya. Jika di Bali dan Lombok Anda hanya ditawari keindahan alam dan pantainya, tdak demikian dengan Kepulauan Karimunjawa. Di kepulauan ini selain dimanjakan dengan pantai yang sangat indah, Anda juga dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

Taman laut nasional ini menyuguhkan puluhan jenis terumbu karang dan lebih dari 300 spesies ikan karang. Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi yang menantang dengan mencoba berenang dan berfoto bersama ikan hiu atau sekadar iseng menjajal wahana permainan banana boat.

Karimunjawa menawarkan pemandangan alam yang indah dengan keunikannya di antara pulau-pulaunya. Di setiap pulau pasti menyimpan spot menarik untuk snorkling atau diving. Beberapa di antaranya yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Kecil, Pulau Cemara Besar dan Pulau Tanjung Gelam.

Menikmati keindahan Karimunjawa memang tidak ada habisnya. Beragam keindahan pantai dan biota laut semakin indah dengan pesona pemandangan sore di kala matahari terbenam. Selain itu, aneka kuliner dan juga keramahan penduduk lokal menambah indahnya perjalanan ke salah satu dari ribuan pesona di bumi pertiwi ini. (M. Aridha Pratama, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPIPS UPI)

~ dilihat : 231 kali ~