Kang Abik: “Menulis, Ilmu Yang Bermanfaat”

IMG_1026Bandung, UPI

“Ilmu yang bermanfaat itu ketika orang yang berilmu tersebut menulis,” ujar Habiburrahman El-Shirazy dalam acara Seminar dan Workshop Kepenulisan Islami di gedung Amphiteater UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Minggu (20/10). Penulis buku Ayat-Ayat Cinta ini memberi materi tentang motivasi menulis kepada sekitar 140 peserta dari berbagai kalangan yang hadir dalam seminar yang diselenggarakan Unit Kegiatan Kepenulisan Islami Al-Qolam Universitas Pendidikan Indonesia (UKM KI Al-Qolam UPI).

Pria yang biasa disapa Kang Abik ini memaparkan, ilmu yang bermanfaat tersebut merupakan salah satu dari amalan yang tidak akan putus ketika manusia meninggal nanti. Apabila ada orang yang membaca sebuah tulisan, terus dia merasakan manfaat darinya, kemudian orang itu menyampaikannya kepada orang lain hingga orang lain itu juga merasakan manfaatnya, maka orang yang menulisnya akan mendapatkan pahala dari Allah tanpa mengurangi pahala orang lain yang menyebarkannya. “Ketika Anda menulis, kita gak tahu berapa (orang) yang membacanya,” ungkapnya.

Selain itu, ada tiga resep yang diberikan pria lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo ini untuk mereka yang bercita-cita menjadi penulis. Pertama, katakan pada diri: “Aku seorang penulis”, agar merasa yakin kepada diri sendiri kalau mampu menulis. Kedua, istikamah berjumpa atau bersilturahmi dengan para penulis guna mengecas kembali semangat menulis. Ketiga, memahami motivasi dan niat menulis tersebut untuk apa. Menulis tidak akan pernah merasa lelah apabila niat menulis untuk mengejar rida-Nya.

“Acaranya subhanallah luar biasa. Acara seperti ini perlu terus dikembangkan,” ungkap Suryadi Wahid Hasyim, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UPI 2013 yang menjadi peserta saat diwawancarai setelah selesai acara. Dalam acara ini, Kang Abik juga memberikan resep menulis novel best seller kepada para peserta.

Rangkaian Kegiatan Al-Qolam Writivation Festival

Pematerian dari Habiburrahman El-Shirazy tersebut merupakan salah satu sajian dari Seminar dan Workshop Kepenulisan Islami pada sesi penulisan fiksi. Sebelumnya, sudah dipaparkan pematerian penulisan nonfiksi oleh Hernowo Hasim, penulis buku best seller Mengikat Makna. Acara ini merupakan rangkaian dari agenda kegiatan Al-Qolam Writivation Festival yang diadakan UKM KI Al-Qolam UPI dari awal Agustus lalu.

IMG_1035Al-Qolam Writivation Festival ini memulai agendanya dengan Sayembara Menulis Cerpen dan Esai Islami Tingkat Nasional, Bazar Buku, Pelatihan Jurnalistik Islami bersama Fatih Zam (jurnalis – novelis), dan berakhir dengan Seminar dan Workshop Kepenulisan Islami serta pengumuman pemenang sayembara menulis tingkat nasional dalam acara tersebut.

“Al-Qolam Writivation Festival merupakan acara tahunan UKM KI Al-Qolam UPI yang di dalamnya ada lomba menulis dan seminar kepenulisan yang islami guna meningkatkan semangat dakwah Islam melalui tulisan,” papar Windi Nugraha Fadillah selaku ketua pelaksana acara tersebut. (Eko Apriansyah)

~ dilihat : 286 kali ~