KAMPUNG BIDIK MISI UNJ 2013 (JILID III)

Humas UNJ, 03/05/2013. Forum Bidik Misi UNJ, kembali mengadakan Kampung Bidik Misi Jilid III 2013, bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur. Dengan tema “Satu Bidik Misi Raih Prestasi”, kegiatan ini berlangsung pada 3-5 Mei 2013, diikuti 575 dari 625 mahasiswa UNJ penerima beasiswa bidik misi 2012. Dalam acara pembukaan (pukul 19.30) dihadiri Dr. Fakhruddin Arbah (PR III UNJ), Dr. Syahril Chaniago (perwakilan direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan Dikti), Drs. Syaifullah (Ka BAAK), Dr. Karnadi (Dekan FIP), Para PD III, Kabag Mawa dan Kasubag mawa, dan Ketua-ketua ormawa/opmawa.

Dengan diadakannya Kampung Bidik Misi ini diharapkan tumbuh semangat kerjasama yang lebih baik lagi, yang selama ini sudah baik atau belum ada kerjasama antar mahasiswa UNJ penerima beasiswa Bidik Misi 2013. Semangat berprestasi dengan kerjasama patut dikembangkan melalui kegiatan seperti ini. Tanpa kerjasama yang baik, kegiatan keseharian dalam berkemah tidak akan berjalan dengan baik pula. Begitu pula nanti kegiatan di kampus, indeks prestasi tinggi harus tetap dipertahankan. Ini dapat dilakukan dengan memperhatikan dan menunjukkan sikap positif dan kerjasama dalam menghadapi semua masalah, khususnya dalam pembelajaran (kuliah). Demikian sambutan Dr. Fakhruddin Arbah (Pembantu Rektor III) dalam pembukaan kegiatan “Kampung Bidik Misi UNJ 2013”.

Sedangkan Dr. Syahril Ch, menyampaikan pesan bahwa mahasiswa Bidik Misi diharapkan dapat berprestasi di kegiatan-kegiatan nasional yang diadakan dikti ataupun lainnya. Seperti tahun 2014 nanti akan diadakan MTQ, diharapkan mahasiswa UNJ dapat ikut serta dan berprestasi dalam ajang ini. Ditambahkan pula bahwa yang memiliki IPK 4,0 ditambah bahasa Inggris aktif, dan memiliki prestasi lainnya, setelah 4 tahun mendapat beasiswa bidik misi, dapat diusahakan mendapat beasiswa lainnya.

Di hari kedua, Prof. Dr. Bedjo Sujanto (rektor UNJ), memberikan semangat kepada mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi ini. Beliau menyarankan bahwa kita harus mandiri, tasyakur, tetap semangat dan tegar dalam menghadapi semua tantangan dan kegagalan. “Jangan pernah meratapi kegagalan, tetapi berpikirlah bagaimana dapat bangkit dari kegagalan”, merencanakan langkah selanjutnya untuk masa depan lebih baik daripada terpuruk dalam kegagalan masa lalu. Keterbatasan ekonomi dan kegagalan masa lalu bukanlah sebuah halangan untuk meraih prestasi. Demikian saran Beliau untuk mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi UNJ 2013. Ditambahkan pula bahwa mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi UNJ diharapkan akan menjadi tipe manusia pendaki (climber) sehingga 10 atau 15 tahun mendatang akan menjadi pemimpin.(hs)

Share this