Kaderisasi Hima Pendidikan IPS Berakhir di Hari Kebersamaan

1-3Bandung, UPI

Bidang Pengembangan Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS (HIMAPIPS) UPI melaksanakan tiga tahap kaderasi dalam rangkaian kaderisasi. Tiga tahap kaderisasi tersebut yaitu masa bimbingan, training of leadership, dan hari kebersamaan. Bidang yang diketuai Asep Risman Somantri tersebut menyelenggarakan hari kebersamaan sebagai akhir dari rangkaian kaderisasi. Sesuai nama yang diusung, salah satu tujuan acara tersebut yaitu menumbuhkan rasa kebersamaan pada mahasiswa angkatan 2015 khususnya dan seluruh angkatan yang hadir pada umumnya.

Acara ini dibuka Pembina Kemahasiswaan Prodi Pendidikan IPS, M. Iqbal S.Pd M.Pd. Apel pembukaan dilaksanakan Sabtu (24/10/2015) di area parkir University Centre dan selanjutnya para peserta dan panitia menuju lokasi acara di d’Camp Nurul Fikri, Maribaya, Lembang.Selama dua hari satu malam, para peserta yang dengan semangat menjalani seluruh kegiatan yang disuguhkan panitia.1-1

“Seluruh rangkaian kaderisasi sudah dilandasi oleh kurikulum kaderisasi HIMAPIPS. Jadi, perihal indikator kesuksesan acara ini sudah jelas. Dalam HK kali ini kompetensi inti yang kita aktualisasikan lewat acara yaitu menciptakan kader yang baik dalam berketerampilan sosial,” ucap Nanda Khairunissa (PJ Hari Kebersamaan).

Seperti halnya HK tahun sebelumnya, HK tahun 2015 ditutup dengan pengukuhan ketua angkatan 2015. Ketua angkatan dipilih oleh para mahasiswa PIPS angkatan 2015 dan difasilitasi seluruh angkatan yang hadir. Setelah hampir dua jam mereka berdiskusi, akhirnya terpilihlah Fahmi Nugraha sebagai ketua angkatan Mahasiswa PIPS 2015 dengan pelbagai pertimbangan yang diyakinkan forum. Kegiatan tersebut sekaligus menutup acara HK HIMAPIPS 2015.

“Hari kebersamaan adalah garis start dari perjalanan panjang mereka kelak. Kita cuma membuat garisnya dan sedikit memberi bekal kepada mereka. Selebihnya, perihal metode dan strategi pencapaian garis finish yaitu kejayaan HIMA PIPS UPI, itu terserah mereka. Dan keyakinan kami akan hal itu sepertinya perlu disangatkan apabila melihat sajian dalam rangkaian kaderasi amat lahap disantap baik oleh mereka,” ujar Riyan Nuryana Yusuf, Ketua BEM HIMA PIPS UPI.1-2

Setelah selesainya seluruh rangkaian kaderisasi, mahasiswa PIPS 2015 rencananya akan membuat acara berupa inagurasi Desember mendatang. Serta akan langsung berpartisipasi sebagai volunteer dalam salah satu acara terbesar UPI yaitu Socialicious 2016. “Tunggu karya kami untuk bangsa, almamater UPI, dan Prodi IPS tercinta,” tutup Fahmi Nugrahadalam sambutannya sebagai ketua angkatan terpilih.

Kaderisasi merupakan hal penting bagi organisasi. Tanpa kaderisasi, sangat sulit dibayangkan sebuah organisasi dapat berkembang dan maju dengan baik dan benar. Kaderisasi adalah sebuah keniscayaan mutlak membangun kultur dalam asas keberkelanjutan.

Fungsi kaderisasi adalah mempersiapkan calon (embrio) yang siap melanjutkan tongkat estafet perjuangan organisasi. Kader organisasi adalah orang yang telah dilatih dan dipersiapkan dengan berbagai keterampilan dan disiplin ilmu, sehingga dia memiliki kemampuan yang di atas rata-rata orang umum.

Bung Hatta pernah menyatakan kaderisasi dalam kerangka kebangsaan, “Bahwa kaderisasi sama artinya dengan menanam bibit. Untuk menghasilkan pemimpin bangsa di masa depan, pemimpin pada masanya harus menanam.” (AgungRezky/Pend. IPS UPI)

~ dilihat : 140 kali ~