Jurdik Seni Rupa UPI – Jabatan Seni & Rekabentuk UPSI, Jalin Kerjasama Bidang Akademik

seni rupa 1

Bandung, UPI

Dalam rangka Pengembangan Kerjasama pada Bidang Akademik dengan perguruan tinggi luar negeri sebagai implementasi RKAT 2013, Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI melakukan lawatan ke Jabatan Seni & Rekabentuk FSKIK UPSI, Kamis (5/12/2013)  di Fakulti Seni, Komputeran dan Industri Kreatif UPSI, di Tanjong Malim Perak, Malaysia.

Kegiatan ini diikuti 7 orang dosen, yaitu: Bandi Sobandi, S.Pd.,M.Pd., Dra. Tity Soegiarti, M.Pd., Drs. Harry Sulastianto, M.Sn., Drs. Agus Nursalim, M.T., Suryadi, S.Pd. M.Sn., Dewi M. Syabani, S.Pd., M.Ds, dan Warli Haryana, S.Pd. M.Pd.

seni rupa 2Kedatangan rombongan disambut oleh Dekan Fakulti Seni, Komputeran dan Industri Kreatif (FSKIK) UPSI, Prof. Dato’ Dr. Ahmad Abdul Rahim b. Zainuddin dan Ketua Jabatan Seni & Rekabentuk FSKIK UPSI, Dr. Mohammad Rusdi b. Mohd Nasir. Selain kehadiran tim dari UPI, pertemuan ini juga dihadiri oleh perwakilan dosen Jabatan Seni & Rekabentuk dari UPSI.

Tujuan yang ingin dicapai melalui kerjasama ini antara lain: 1) Menggalang kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan visi dan misi kedua belah pihak; 2) Mendorong peningkatan kinerja kedua belah pihak, dalam perannya untuk meningkatkan  kualitas pendidikan antar kedua bangsa; dan 3) Meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil pembicaraan kedua belah pihak, disepakati beberapa rencana kerjasama pada bidang akademik dalam bentuk kegiatan: 1) Penelitian Bersama dan Publikasi Ilmiah; 2) Kegiatan Workshop, Seminar, dan Lokakarya; 3) Pertukaran Dosen dan Mahasiswa; dan 4) Pameran Bersama hasil karya dosen dan mahasiswa dari kedua lembaga. Dalam waktu dekat (7-8 April 2014) kegiatan yang akan digelar dan diselenggarakan di Jabatan Seni & Rekabentuk FSKIK UPSI adalah Seminar Internasional pada bidang seni rupa.

seni rupa 3Selain kegiatan pertemuan, bentuk kegiatan lain yang dilakukan oleh tim adalah melakukan kunjungan ke Studio/Laboratorium Batik, Keramik, Lukis, Patung, dan Kriya Logam. Melalui kegiatan ini diperoleh informasi standar pelayanan akademik dalam kegiatan praktikum, sarana dan prasarana yang digunakan serta proses pemanfaatan studio/laboratorium sebagai sumber belajar mahasiswa serta pemeliharaan ruang studio/laboratorium. (BS)

~ dilihat : 356 kali ~