Juara III Lomba Penelitian Transportasi, Agus Ramelan Berangkat ke Jepang

1-1Bandung, UPI

Agus Ramelan, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro menorehkan prestasi terbaiknya dengan meraih Juara 3 dalam ajang bergengsi Lomba Penelitian Transportasi Nasional 2015, Kamis (12/11/2015) di Gedung Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok. Agus Ramelan yang aktif sebagai anggota UKM Leppim UPI menggagas upaya mengatasi permasalahan transportasi yang ada saat ini dengan melibatkan peran serta berbagai pihak terutama masyarakat.

Badan Litbang Perhubungan menyelenggarakan Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional Tahun 2015 dengan tema, “Efisiensi Biaya Logistik melalui Transportasi Multimoda”. Sebelum tahap grand final, Agus Ramelan adalah Juara 1 untuk regional III (Jakarta, Banten, dan Jawa Barat). Dalam lomba kali ini, Agus membawakan karya tulis dengan judul Pos Usaha Rakyat Perdesaan (Posronda): Integrasi Layanan Pos Indonesia sebagai Jasa Angkutan Multimoda Usaha Mikro Kecil dan Menengah Masyarakat Pedesaan dalam Menghadapi MEA 2015.1-2

Pos Usaha Rakyat Pedesaan (Posronda) merupakan sebuah program untuk membentuk kerja sama antara Pos Indonesia dan Kementrian Perhubungan dalam menyediakan angkutan multimoda logistik untuk pelaku usaha UMKM di pedesaan. PT Pos Indonesia dipilih karena mempunyai jaringan yang tersebar luas di Indonesia, termasuk di daerah pedesaan maupun daerah terdepan dan tertinggal.

Untuk dapat menjadi finalis di masing-masing regional, peserta harus melewati beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pengumpulan naskah, peserta mengirim naskah tulisan ke alamat website http://lombalitbanghub.dephub.co.id. Pada tahap ini, Agus mengikuti seleksi untuk regional III yang beranggotakan DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Selanjutnya pada tahap 2 lomba penelitian akan diseleksi dan dinilai oleh tim penilai tingkat regional untuk mendapatkan enam pemenang makalah terbaik yang terdiri dari tiga pemenang kategori SLTA s.d. S1 dan tiga pemenang kategori S2 s.d. S3.

Bagi pemenang pertama di masing-masing kategori diundang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi tingkat nasional. Pada tahap ini, Agus dinyatakan menjadi 3 peserta terbaik kategori SLTA s.d. S1 dan diundang ke Jakarta untuk memperebutkan posisi pertama. Tim penilai dari seleksi regional DKI Jakarta terdiri atas enam ahli di bidang transportasi yang diketuai Cuk Sudirman, Ketua STMT Trisakti.

Hasil seleksi final regional III ini menyatakan bahwa Agus Ramelan berhasil menduduki peringkat pertama dan disusul pada peringkat dua mahasiswa ITB, dan peringkat tiga mahasiswa dari UI. Sebagai Juara I, Agus berhak melaju ke babak selanjutnya yaitu mewakili regional III dalam memperebutkan Piala Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award di tingkat nasional. Grand final nasional diikuti perwakilan dari 10 regional dari seluruh Indonesia.1-3

Acara ini berlangsung pada Kamis, 12 November 2015 di Gedung Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Seleksi final berlangsung sangat ketat dan benuansa persaingan cukup tinggi. Masing-masing finalis yang bertanding adalah juara 1 dari setiap regional di Indonesia. Dewan juri dalam seleksi final terdiri atas berbagai ahli, akademisi, birokrat dan praktisi senior di bidang transportasi logistik. Setiap finalis diberikan waktu 15 menit untuk pemaparan dan 15 menit untuk sesi tanya jawab.

Hasil penjurian grand final menyebutkan bahwa Agus Ramelan berhasil meraih Juara 3. Secara berurutan juara grand final untuk kategori S1 adalah Latama Rizky dari Surabaya, Nini Muthmaimanah dari Makara, dan Agus Ramelan. Ketiga juara ini berhak mendapatkan hadiah uang tunai, medali Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award, piagam penghargaan, dan educational trip ke Jepang.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali dengan capaian ini. Berhasil menjadi Juara Regional Jakarta saja sudah bahagia sekali, ditambah ini mendapatkan posisi ke-3 di tingkat nasional,” ujar Agus Ramelan.

Hampir semua peserta adalah mereka yang berasal dari rumpun ilmu yang relevan dengan tema lomba yaitu transportasi logistik. Namun, Agus berasal dari Departemen Pendidikan Teknik Elektro. Sehingga banyak sekali ilmu yang dapat diserap dari perlombaan ini. Ada yang membuat dewan juri sedikit bingung dan bertanya kepadanya saat presentasi, kurang lebih begini, “Lho, dari UPI ya? Dari Departemen Pendidikan Teknik Elektro ya? Kami salut, dari background Anda, ide Anda ini sangat bagus sekali”.

“Ternyata benar, sanjungan dewan juri ini mengantarkan saya di posisi ketiga. Salah satu hadiahnya adalah Educatinal Trip ke Jepang. Mimpi saya ke luar negeri sebelum lulus terwujud kembali. Paling utamanya prestasi ini saya persembahkan untuk almamater tercinta, kampus perjuangan Universitas Pendidikan Indonesia,” tutur Agus Ramelan. (WAS)

~ dilihat : 100 kali ~