JPP UGM Gelar Expo

JPP UGM Gelar Expo

2013-04-18 15:13:49

JPP UGM Gelar Expo Sebagai upaya untuk mempublikasikan apa yang telah dilakukan dalam bidang riset dan publikasi selama tahun 2012, Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM (JPP) menyelenggarakan kegiatan bertajuk JPP Expo. JPP Expo merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, mulai Kamis-Sabtu (18-20 April 2013). Rangkaian kegiatan JPP Expo terdiri dari launching buku karya mahasiswa (skripsi & tesis), diseminasi hasil riset, seminar nasional, dan bazar buku.

Panitia kegiatan, Rangga Herdi menuturkan publikasi merupakan salah satu produk dari proses akademik dan riset yang dimiliki JPP. Dalam acara JPP Expo 2012 JPP melakukan launching 6 buku baru. Keenam buku yang diterbitkan tersebut merupakan serial karya mahasiswa, baik skripsi maupun tesis.

“Tentu judul-judul karya mahasiswa yang diterbitkan menjadi sebuah buku melalui proses yang selektif,”kata Rangga.

Dari keenam buku tersebut, kata Rangga, terdapat 3 buku dengan tema besar citizenship/kewarganegaraan. Buku-buku tersebut, yaitu Dislokasi Wacana Kewarganegaraan, yang ditulis oleh Ignasius Jaques Suru; Merebut Kewarganegaraan Inklusif, yang ditulis oleh Nilam Hamid dan Denizenship: Kontestasi dan Hibridasi Ideologi di Indonesia, yang ditulis oleh Vegitya Ramadhani. Sementara ketiga buku lainnya adalah; Suksesi Keraton Jawa tulisan Susilo Harjono, Partai Aceh: Transformasi GAM? karya Arya Budi, dan Human Security di Perbatasan, karya Yohanes Sanak.

“Acara kita kemas dalam bentuk forum santai dengan konsep angkringan, setiap buku yang dilaunching dibahas oleh para ahli,”katanya.

Selain launching buku, diseminasi/sharing hasil riset menjadi salah satu agenda. Selama ini biasanya aktivitas riset hanya berakhir dengan pelaporan hasil kepada lembaga donor sehingga tidak banyak pihak yang membagikan/sharing hasil riset yang dilakukannya ke masyarakat. Hal itulah yang kini coba ditradisikan oleh JPP.

Dalam acara JPP Expo, tim peneliti JPP melakukan sharing hasil dari beberapa riset yang dikerjakan oleh JPP di tahun 2012 yang lalu. Antara lain riset tentang evaluasi desentralisasi asimetris di Aceh dan Papua (kerjasama dengan Yayasan TIFA), riset tentang demokrasi lokal di 6 daerah (kerjasama dengan IDEA International), riset tentang border governance (kerjasama dengan BNPP RI & UUM), dan juga riset tentang power, welfare, and democracy yang bermitra dengan Norwegian Embassy).

Tidak ketinggalan disampaikan pula hasil dari mini riset yang dilakukan para penerima hibah penelitian citizenship. Kegiatan hibah penelitian yang diselenggarakan oleh JPP. Nantinya rangkaian acara JPP diakhiri dengan seminar nasional bertajuk Political Outlook 2014, yang akan menghadirkan beberapa narasumber seperti Amien Rais (Mantan Ketua MPR RI), Sigit Pamungkas (Komisioner KPU), dan AAGN Ari Dwipayana (dosen JPP UGM) sebagai pembicara. Selama rangkaian JPP Expo, juga diselenggarakan bazaar khusus buku-buku yang diterbitkan oleh JPP (Humas UGM/Satria AN)

  • BEM FK UGM Gelar GAMAMEDFAIR 3-17 Desember 2006
  • Digelar Gadjah Mada Agro Expo 2011
  • LPPM UGM Gelar Mini Expo Hasil Riset Industri
  • JPP UGM Gelar Expo
  • FMIPA FISIKA UGM GELAR COMPUTECH EXPO 2005
  • LPPM Gelar Mini Expo Hasil Riset UGM
  • PRIVATISASI SEKATEN?