Jalan Perbatasan Kota Bandung, Cimahi, dan KBB, Terabaikan

Bandung, UPIphoto 1

Jalan kecil itu sudah menjadi pilihan masyarakat untuk menuju Bandung lebih dari dua puluh tahun lamanya. Jalan yang terhubung dari jalan Sariwangi menuju Ciwaruga tidak memberikan banyak perubahan selama jalan tersebut digunakan.

Kenyataannya justru kondisi jalan semakin buruk. Musim penghujan telah datang, jalanan tersebut masih belum diperbaiki, padahal jalanan tersebut terhubung pada jalan menuju Politeknik Bandung dan Universitas Pendidikan Indonesia. Jalur angkot yang menuju ke tempat menimba ilmu itu juga melewati  jalan tersebut.

Kondisi ini dikeluhkan Vini (20) seorang mahasiswa UPI yang sering menggunakan angkutan kota jurusan Cimahi-Ledeng yang melewati jalan terusan Sariwangi-Ciwaruga itu. Menurutnya jalanan sudah tidak layak dan harus segera diperbaiki.

“Sudah nggak layak, dan di sana itu belum pernah dipasang lampu jadi kalau malam hari terasa seram dan turunannya banyak yang bolong. Apalagi kalau sedang macet, makin ngeri,” ucapnya. Hal yang sama dikeluhkan pengendara motor, Anggita (20) yang juga seorang mahasiswa UPI. Setiap hari dia melewati jalan tersebut untuk menghemat perjalanannya ke kampus.

“Sudah rusak di sana-sini dan bahaya buat pengendara motor juga, banyak jalan yang bolong. Pemerintah harus cepat-cepat mengganti jalan itu, sekarang sudah jadi alternatif banyak warga lewat sini.” Ungkapnya.

Anggita berharap secepatnya ada yang memperbaiki jalan tersebut karena Kota Bandung, Cimahi, atau Kabupaten Bandung belum melakukan tindakan apa pun. Permasalahannya adalah jalan terusan Sariwangi-Ciwaruga adalah daerah perbatasan antara kota Cimahi dengan Bandung. (Saffina Azzahra Firdaus, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPIPS UPI)

~ dilihat : 229 kali ~