Indonesia-Malaysia Satu Rumpun dan Satu Makna Filosofi

Bandung,UPIDSCN6410

Protokol Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (Probumsil UPI) memaparkan karya ilmiah pada Konferensi Antarbangsa UiTM-UPI 2015 dengan tema, “Ancore Imparo: Membentuk Pemimpin Masa Hadapan”, Selasa (27/1/ 2015) di Isola Resort UPI Jln Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Acara ini bertujuan untuk sarana berbagi ilmu kepemimpinan mahasiswa Indonesia dan Malaysia.

Pada kesempatan ini, Probumsil UPI yang diwakilkan Deni Permana (Pend. Kewarganegaraan/FPIPS) dan Hanisa Sismaya Lestari (Manajemen Perkantoran/FPEB) selaku Ketua dan Sekretaris Dewan Protokol Utama memaparkan karya ilmiah yang berjudul “Kepemimpinan Mahasiswa Serumpun” yang di dalamnya menjelaskan mengenai dasar dan ideologi negara yaitu Pancasila yang memiliki persamaan dengan Rukun Negara atau dasar negara Malaysia:

1Selanjutnya penjelasan mengenai sejarah pembentukan Probumsil, landasan maruwah dan prinsip Probumsil, proses seleksi penerimaan anggota serta alur penugasan dan layanan keprotokolan. Pada kesempatan tersebut pula dijelaskan mengenai kegiatan internal yang berupa kultur Probumsil yang biasa dilaksanakan seperti Sidang Terbuka Tahun Baru Hijriyah, Sidang Awal Ramadhan, dan Sidang Terbuka Pengukuhan Purna Bhakti Korps, serta kegiatan lainnya. Pada kesempatan ini Probumsil memperkenalkan pakaian kebesaran yang menggunakan atribut khas sunda yaitu pada pakaian kebesaran putra menggunakan bendo dan kedit bermotif batik mega mendung, sedangkan pakaian kebesaran putri menggunakan syal bermotif batik mega mendung hal ini memiliki persamaan dengan Malaysia yaitu peci dan songket.DSCN6427

Selain memaparkan karya ilmiah Probumsil menjadi petugas pada acara tersebut untuk mengawal jalannya acara. Konferensi antarbangsa merupakan kerjasama antara Bahagian Hal Ehwal Pelajar/IKP UiTM dan pejabat Pembinaan Kemahasiswaan UPI. Acara ini diikuti oleh lima perwakilan Ormawa UPI dan lima perwakilan MPP, club atau persatuan UiTM. Seperti tugas PROBUMSIL yang berada dibawah pembinaan Rektor UPI sebagai Majelis Wali Organisasi (MWO) ditugaskan untuk mengawal setiap acara akademik universitas agar berjalan dengan lancar dan khidmat seperti pada penugasan Wisuda, Pengukuhan Guru Besar, Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru, Penganugrahan Gelar Kehormatan, dan Dies Natalis.

Kami banggga menjadi bagian dari perwakilan Ormawa yang memaparkan hasil karya ilmiahnnya pada acara Konfrensi Antar Bangsa ini. Semoga dengan diadakannya Konferensi Antarbangsa ini dapat menambah wawasan dan menjadikan wadah bertukar fikiran bagi mahasiswa dalam menanamkan jiwa kepemimpinan serumpun. (Deputi Publikasi Probumsil UPI)

~ dilihat : 222 kali ~