Ilmu Komputer UPI Raih Juara 3 Animasi Gemastik 8 se-Indonesia

1-1Yogyakarta, UPI

Tim Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia berhasil meraih juara ke-3 dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-8 yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 27-28 Oktober 2015. Tim yang beranggotakan Ahmad Banyu Rachman dan Teti Suryati (2013) ini berhasil meraih medali perunggu setelah sebelumnya masuk dalam final 10 besar dari total 278 pendaftar dalam kategori animasi.

Gemastik adalah ajang tahunan yang diadakan Direktorat Jenderal Penguat Riset dan Pengembangan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Untuk kedua kalinya, Universitas Gadjah Mada ditunjuk sebagai tuan rumah setelah menjadi tuan rumah pada Gemastik 7. Universitas Indonesia keluar sebagai juara umum dan berhak mendapatkan piala utama Gemastik “Samuakbya-Padesa-Widya” yang memiliki makna informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.

Ajang yang bertemakan “Kreativitas dan Inovasi Pemuda Menuju Masyarakat Indonesia Berdikari” ini meloloskan 101 tim pada final di Yogyakarta dari total 3.087 tim yang mendaftar dari seluruh penjuru Indonesia pada semua kategori lomba. Adapun kategori yang diperlombakan adalah Pemrograman, Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Mining, Keamanan Jaringan, Animasi, Piranti Cerdas dan Embedded System, Desain User Experience dan Pengembangan Bisnis TIK.

Final kategori animasi yang diikuti oleh tim dari Ilmu Komputer UPI yang bernama “Sireum Beureum” ini dilaksanakan pada 27 Oktober 2015 di Auditorium Pertamina Tower lantai 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Sedangkan dewan juri dari kategori ini adalah Dr. Yohanes Suyanto, M.Kom sebagai dosen dari UGM, Ika Yulianti sebagai dosen animasi dan Gangsar Waskito dari Studio Kasat Mata Yogyakarta. Animasi yang perlombakan oleh tim dari Ilmu Komputer UPI berjudul “Cibereum Chips” yang mengisahkan tentang seorang pemuda yang merubah kehidupan ekonomi warga sebuah desa.1-2

Selain perlombaan, pada Gemastik 8 ini juga menghadirkan acara seminar diantaranya dari Microsoft dan Intel. Sedangkan pada tanggal 28 Oktober 2015 diadakan pameran produk TIK dari para finalis Gemastik 8 dalam kategori lomba Animasi, Piranti Cerdas dan Embedded System, Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Perangkat Lunak, Pengembangan Aplikasi Permainan dan Desain User Experience. Acara pun ditutup pada 28 Oktober 2015 di Grha Sabha Pramana UGM dengan Institut Teknologi Bandung sebagai juara umum Gemastik 8. (Abr95/YayaWihardi)

~ dilihat : 118 kali ~