ICP Thailand Kunjungi UPI

1

Bandung, UPI

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam perkembangannya telah menjadi ‘kiblat’ bagi dunia pendidikan dan merupakan bahan rujukan untuk pengembangan ilmu kependidikan baik yang ada di dalam negeri maupun  di luar negeri.

Delegasi Islamic Committee of Phuket (ICP) Thailand Selasa (23/7/2013), melakukan kunjungan untuk memperbaharui MoU yang telah dibuatnya sejak tahun 2010. Rombongan diterima oleh Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., dan Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional Prof. H. Furqon, MA., Ph.D., didampingi Dekan FIP UPI Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd., serta perwakilan dari Prodi PGSD FIP UPI di Ruang Rapat Partere Gedung Isola, Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Menurut Coordinator for ASEAN Educational Development Dr. H. Abdul Halim Bin H. Ismail Ibnu Syaid Dinaa Albar,”Kunjungan ini memiliki misi untuk membangun kehidupan Phuket menjadi muslim yang lebih maju dengan mengembangkan ilmu pendidikan. ICP mengunjungi UPI bermaksud untuk melanjutkan kerja sama yang telah dibuat sebelumnya dalam rangka pengembangan dan promosi keunggulan akademik dalam pendidikan dan pelatihan di sektor pendidikan formal, informal, dan non-formal, sarjana maupun pascasarjana untuk program gelar dan pelatihan untuk program non-gelar”.2

“Kegiatan yang dilakukan meliputi pelaksanaan penelitian bersama, seminar atau konferensi bersama, dan publikasi bersama berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan menghormati independensi masing-masing”, ujarnya.

ICP mengusung empat program, diantaranya melakukan kunjungan untuk terlibat dalam pendidikan dan pelatihan formal, sektor pendidikan informal dan non-formal, lalu memfasilitasi pertukaran dosen untuk mendaftar di program sarjana atau pascasarjana, kemudian untuk mempromosikan pelaksanaan penelitian bersama, seminar atau konferensi bersama, dan publikasi bersama, serta untuk mempromosikan kegiatan akademik

Terdapat dua institusi yang penting di Phuket, yaitu Institusi Muslim Phuket terdiri dari 200 orang dan Institusi Masjid, terdapat 54 masjid untuk dikelola menjadi masjid yang profesional dimana di masjid tersebut terdapat sekolah. Sekolah dan masjid merupakan 2 aspek yang penting di Phuket. (Dodi Angga)