Hindari Macet Dengan Berkereta Api

1-2Bandung, UPI

Kini kereta api menjadi salah satu transportasi umum alternatif bagi masyarakat untuk berpergian. Kondisi jalanan yang macet memang tidak bisa dimungkiri menjadi penghambat dalam beraktivitas. Tidak sedikit orang yang datang terlambat ke sekolah maupun ke kantor, belum lagi jika kondisi cuaca yang panas menambah suasana menjadi tidak nyaman.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, warga sudah menunggu kereta api pagi-pagi tujuan Stasiun Bandung. Berbagai macam kalangan datang mulai dari usia dewasa yang akan pergi bekerja dan usia remaja yang akan pergi ke sekolah maupun ke kampus. “Saya lebih senang naik kereta api dibandingkan mobil karena lebih nyaman dan tidak terjebak macet yang bikin kesel,” tutur Nuryani seorang penumpang kereta api. Menggunakan kereta api memang sangat efektif dibandingkan harus naik mobil pribadi atau kendaraan umum lainya. Selain menghindari macet, harga tiketnya pun relatif terjangkau yaitu Rp 4.000 dari stasiun Cicalengka sampai Stasiun Bandung.

Fasilitas yang terdapat di kereta kini jauh lebih baik dari sebelumnya. Kereta api saat ini lebih terjamin keamanannya dibuktikan dengan adanya petugas keamanan yang sering berkeliling selama perjalanan, kemudian petugas juga memastikan pintu kereta agar selalu tertutup sehingga bisa mengurangi kecelakaan yang bisa terjadi pada penumpang yang kadang tidak mematuhi peraturan. Namun meskipun begitu keamanan di kereta tidak bisa dijamin begitu saja penumpang harus tetap berhati-hati terlebih jika kereta penuh. Mereka harus mengamankan dirinya sendiri karena petugas pun tidak bisa mengawasi semua penumpang yang begitu banyaknya.1-1

Transportasi ini memang sudah ada sejak dulu sebagai peninggalan Belanda, meskipun begitu kereta api tidak menjadi transportasi kuno. Seiring dengan perkembagan teknologi, kereta pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dari segi kecepatan dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Dari banyaknya penumpang yang menggunakan jasa kereta api tentu saja bisa menjadi salah satu pemecahan masalah kemacetan negeri ini. Rencana akan diadakan monorel kereta di Bandung maupun di Jakarta memang sudah gencar dibicarakan namun hal ini belum terealisasi karena pembangunan tersebut memerlukan persiapan yang cukup matang. (Rini Anggraeni/Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPIPS UPI)

~ dilihat : 123 kali ~