Himpunan Pendidikan Akuntansi Menggelar ANSIRA XIV

UPIBandung, UPI

Himpunan Pendidikan Akuntansi sebagai salah satu himpunan yang bergelut dalam bidang kependidikan mengadakan serangkaian kegiatan yang terangkum dalam acara Pekan Akuntansi Raya XIV (ANSIRA XIV), Kamis – Minggu (14 – 17/3/ 2013) di Balai Pertemuan Kampus UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Dengan tema “Gemilang 3 Dekade Pendidikan Akuntansi, Respect Our Culture, Education, and Unity”

Agus Maulana selaku ketua pelaksana menjelaskan, kegiatan ANSIRA ini lahir dikarenakan pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sebagai salah satu implikasi dari globalisasi ini memberikan tantangan tersendiri terhadap dunia pendidikan khususnya bagi seorang pendidik. Tuntutan untuk mengembangkan praktik pendidikan menjadi lebih menarik adalah satu hal yang nampaknya masih menjadi pekerjaan rumah seorang pendidik termasuk di dalamnya pendidik akuntansi.

Dikatakan ia,  beragam inovasi dalam praktik  pendidikan sangat dibutuhkan sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pada ahkirnya produk-produk pendidikan yang diharapkan adalah generasi bangsa yang terdidik, kreatif, inovatif, berkarakter, dan berjiwa kompetitif. Produk inilah yang nantinya akan berhasil mempertahankan eksistensi dirinya dalam pesaingan global.

“Keberhasilan dalam inovasi pendidikan juga sangat bergantung pada seberapa besar peran pemerintah dalam meregulasi lulusan-lulusan pendidikan dan sejauh mana pemerintah tanggap terhadap lulusan-lulusan pendidikan,” kata Agus.

Dijelaskan Agus, kegiatan ini akan diisi dengan beragam agenda diantaranya, Seminar Internasional, yang akan menghadirkan pembicara dari Indonesia dan Malaysia; Perlombaan Media Inovasi Pembelajaran Akuntansi, untuk Guru SMA/SMK/Sederajat se-Jawa Barat & Banten; Youth Accounting Challenge (YAC), kegiatan olimpiade Akuntansi tingkat SMA, MA, dan SMK se-Jawa Barat dan Banten; Training Motivasi “Guru Tangguh Berhati Cahaya”; Temu Alumni,  sarana ngariung Alumni Pendidikan Akuntansi; dan Bazar buku yang akan diisi oleh para penerbit buku, baik yang sudah maupun yang belum tergabung dalam IKAPI. (Deni)

~ dilihat : 520 kali ~