Hasil Penelitian Unggulan UPI Diseminarkan

lppm 3

Bandung, UPI

Langkah untuk mewujudkan cita-cita UPI sebagai world class university in education patut diupayakan oleh berbagai pihak dan dalam berbagai sektor. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melalui keterlibatan dosen dalam peningkatan kualitas penelitian serta mendesiminasikan dan mengimplentasikan hasil-hasilnya dalam kegiatan berupa seminar ilmiah, media publikasi cetak, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam mewujudkan upaya tersebut UPI melalui LPPM menggelar seminar dan pameran hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat unggulan UPI, yang bertemakan “Melalui Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat – UPI Menuju Research Based Teaching University”, Selasa-Rabu (26-27/2/2013) di Gedung LPPM UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

30Menurut Ketua Pelaksana, Dr. Sumar Hendayana, menjelaskan hasil  dari penelitian yang dilakukan oleh para dosen di lingkungan UPI ini perlu disosialisasikan dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan industri serta kalangan pemerintah.

Seminar dan pameran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini guna memberikan arahan bagi para calon dosen peneliti tentang penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu; menginventarisasikan permasalahan dalam melaksanakan program dan strategi solusi yang dilakukan dalam kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat; serta mencipkanan hubungan kerjasama UPI dengan instansi lain untuk merangsang pertumbuhan kreativitas dosen dalam melaksankan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dikatakan ia, dalam seminar ini akan membahas sebanyak 197 judul yang merupakan hasil dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen yang sesuai jenis dan bidangnya. Diantaranya Penelitian Bidang Studi Ilmu Alam 27 judul; Penelitian Bidang Studi Ilmu Sosial 19 judul; Penelitian Pendidikan Kebijakan Kurikulum 11 judul; Penelitian Pendidikan Model Pembelajaran 31 judul; Penelitian Pendidikan Media Pembelajaran 21 judul; Penelitian Pendidikan Asesmen 4 judul; Penelitian Pedagogik/Didaktik 21 judul; Penelitian Pendidikan Profesi Guru 12 judul; dan Pengabdian Kepada Masyarakat 33 judul.lppm 1

Sementara itu, Rektor UPI Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd, menyampaikan dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan penelitian yang bermutu ini, agar setiap penelitian yang dilakukan oleh para dosen ini untuk diseminarkan tidak hanya di lingkungan UPI saja tetapi untuk dikembangkan pada tingkat nasional maupun pada level internasional, sehingga  ini menjadikan peluang yang positif bagi dosen itu sendiri.

Ia menghimbau jika dari hasil riset ini bagus untuk dikembangkan dan mempunyai nilai jual tinggi, agar mencoba untuk mencari peluang pembiayaan penelitian dari luar UPI, ini dilakukan agar peluang ada di UPI bisa dimanfaatkan oleh dosen yang lain, dan merangsang kreativitas dosen dalam melakukan penelitian. (Deni)

~ dilihat : 480 kali ~