Guru Besar UI Kembangkan Bahan Campuran Pembakaran Biomassa dari Sampah Organik

biomassa

Kamis (22/9/2016), Fakultas Teknik UI mengadakan Seminar Series di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Seminar Series menghadirkan Prof. Adi Surjosatyo dari Departemen Teknik Mesin FTUI. Acara dibuka dan dimoderatori oleh Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat, Prof. Akhmad Herman Yuwono.

Adi memaparkan penelitiannya yang berjudul Karakterisasi Rasio Komposisi Bahan Baku Sampah Organik – Biomassa Terhadap Kinerja Yang Dihasilkan Dengan Teknologi Downdarf Gasifier. Latar belakang penilitian ini adalah bagaimana untuk mengurangi timbunan sampah khususnya sampah organik yang merupakan presentase sampah terbesar yaitu 32% dengan memanfaatkannya sebagai bahan baku campuran biomassa untuk upaya peningkatan nilai kalor pada konversi bahan bakar dari energi sampah.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk bahan bakar yang ramah lingkungan dan memiliki nilai kalori tinggi sehingga bisa digunakan dalam berbagai aplikasi pembakaran; Mendapatkan hubungan komposisi campuran sampah kota dan biomassa sebagai sistem co-combustion dengan nilai kalori yang dihasilkan dalam pembakaran; serta menghasilkan desain alat pencetak pelet dari sampah kota dan biomassa yang efektif dan dapat memproduksi campuran yang memiliki nilai kalori tinggi.

Penelitian ini menguji 3 sampel uji untuk diolah menjadi pelet sebagai komposisi campuran sampah kota yaitu kayu, daun, serta batok kelapa. Dari hasil pengujian karakterisasi sampel, dapat disimpulkan bahwa: Nilai kalor tertinggi didapat campuran kayu dan serabut kelapa dengan komposisi (75:25) yaitu 3770.72 Cal/gr.

Sampel memiliki potensi untuk diolah menjadi bahan bakar, contohnya: pellet; Kandungan air pada sampel memiliki nilai optimum 10% dan memenuhi syarat untuk dijadikan bahan bakar di downdraft gasifikasi; Didapatkan spesifikasi produk pellet yang paling pada cetakan berdiameter 6,5 mm dengan panjang 20 mm.


~ dilihat : 18 kali ~