Gubernur Kalimantan Utara Tanda Tangani Nota Kesepakatan dengan UI

Indeks Berita


Gubernur Kalimantan Utara Tanda Tangani Nota Kesepakatan dengan UI

Posted by humas-ui on 2014-03-07 15:41:28

Gubernur Kalimantan Utara, Dr. H. Irianto Lambrie, bersama dengan Rektor Universitas Borneo Tarakan, Dr. Ir. Bambang Widigdo, Rektor Universitas Kalimantan Utara, Drs. H. Karsim Al’Amrie, M.Si., danSatuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI), Selasa (4/3/2014). Fakultas Teknik (FT) UI menjadi tujuan pertama kunjungan. Setelah itu, rombongan mengunjungi Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan dan Perpustakaan UI untuk melihat berbagai fasilitas di dalamnya.

Siang harinya, bersama dengan Pejabat Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Irianto Lambire menandatangani nota kesepakatan bersama. Nota tersebut berisi sejumlah kesepakatan kerja sama antara UI dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam tiga aspek terkait Tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kerja sama di bidang akademis yang dapat dilakukan antara lain dalam hal pengampuan program studi, pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian, hingga pemberian beasiswa.

Dalam sambutannya, Irianto Lambrie mengungkapkan niat baiknya untuk menjalin kerja sama dengan UI. Hal tersebut menurutnya penting karena Kalimantan Utara sebagai provinsi termuda di Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk memajukan masyarakatnya, terutama dalam bidang pendidikan.

Provinsi Kalimantan Utara yang resmi berdiri pada 25 Oktober 2012 ini termasuk dalam wilayah garda terdepan Indonesia. Kalimantan Utara memiliki garis perbatasan terpanjang dengan negara tetangga Malaysia. Tak kurang dari 730.000 jiwa menghuni provinsi dengan luas 72.567.49 km² itu. Dengan potensi sumber daya alam yang besar di Kalimantan utara, Irianto menyatakan optimismenya untuk memajukan provinsi tersebut. (KHN)