Green Charity Tourism: Langkah Kecil Berbagi Kepada Bumi dan Manusia

1

Bandung, UPI

Mahasiswa Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI yang tergabung dalam tim kecil melaksanakan kegiatan amal berbasis kampanye pariwisata, 27 July 2013. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Public Relation yang tersedia di Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata dan disambut dengan baik oleh mahasiswanya begitu juga dengan target dari kampanye ini.

Seperti arti secara harfiahnya, Green Charity Tourism ini berisi mengenai kegiatan amal yang implementasinya dilakukan dalam bentuk penghijauan. Kegiatan yang dilakukan oleh tim kecil yang diketuai oleh Ilham Widi Akbar ini melakukan penanaman pohon di Panti Yatim Indonesia Sukamulya disertai dengan acara buka bersama dengan anak-anak yang berada di bawah asuhan asrama panti tersebut.

Green Charity Tourism ini digagaskan atas latar belakang bumi yang semakin lama menjadi semakin gersang dan panas. Juga karena timbulnya permasalahan-permasalahan yang mulai meresahkan masyarakat. Contohnya banjir, kebakaran hutan yang baru-baru ini terjadi di Pulau Sumatera yang menyebabkan asapnya mengepul di Singapura dan Malaysia, pemanasan global, cuaca yang semakin tidak menentu, dan sebagainya. Sektor pariwisata dimana orang-orang melakukan rekreasi dan bersenang-senang ini tentunya menjadi salah satu penyumbang polusi dan pengurangan fingsi dari bumi ini. Tim kecil ini yang menyadari hal tersebut ingin kembali menyadarkan bahwa lingkungan baik dimana manusia tinggal atau kunjungi itu penting.

Konten dari pengedukasian tim ini terhadap anak-anak di Panti Yatim Indonesia di antaranya adalah tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, pentingnya lahan hijau di muka bumi ini, pentingnya melestarikan lingkungan, serta dampak-dampak yang akan ditimbulkan apabila manusia tidak menjaga lingkungan. Disertai pula dengan video-video yang mengedukasi dan contoh dari wisata di lingkungan yang asri dan hijau.

Anak-anak di Panti Yatim Indonesia ini betul-betul menyambut baik dan hangat kegiatan ini. Mereka terlihat antusias bahkan meminta agar tim ini kembali lagi di masa yang akan datang untuk mengadakan acara-acara edukatif lainnya. Kegiatan ini betul-betul berguna dan menyenangkan bagi peserta kegiatan maupun penyelenggara kegiatan. (WAS)