Google Berkomitmen Support UPI

google 1Bandung, UPI

Google sebagai perusahaan IT dunia, mengeluarkan sebuah program yang disebut Google Apps for Education. Program ini memberikan layanan pembelajaran IT kepada seluruh lembaga pendidikan di dunia. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) diberikan kepercayaan sebagai first adopters di Indonesia dalam penggunaan Google untuk pembelajaran.

Google berkomitmen untuk terus memberikan support kepada UPI dalam pemanfaatan IT berbsais teknologi Google untuk penigkatan mutu layanan pembelajaran, sesuai tuntutan pendidikan abad 21. Sudah lebih dari 5.000 civitas UPI memiliki akun UPImail, dan report dari Google terbesar saat ini penggunaan akun Gmail di Universitas di Indonesia dalam program Google Apps for Education.

Direktur Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi UPI, Prof. Dr. Munir, M.IT., bersama Google, berkomitmen untuk menyediakan sarana IT khususnya email UPI berbasis Goolge.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum., bersama Google yang diwakili oleh Edu Lead Google Apps Supporting Program Pepita Gunawan, MBA dari Google Indonesia, Rabu (20/2/2013) meresmikan penggunaan UPImail (Go Live) yang ditandai dengan penabuhan gong, selain itu dalam launching UPI gone Google ini juga dilakukan sharing mengenai revolusi pembelajaran dengan menggunakan Google Apps for Education oleh Pepita Gunawan.

Memiliki mahasiswa lebih dari 30 ribu orang, memiliki tujuh fakultas serta lima kampus daerah, oleh karena itu, UPI berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran mulai dari infrastruktur fisik, fasilitas dan teknologi pendidikan. Oktober 2012 UPI menjajagi penggunaan fasilitas Google Apps for Education dengan menggunakan aplikasi UPImail (sebelumnya Zimbra) yang di sajikan oleh Google.2 (2)

Desember 2012, bersama Primagain sebagai local partner Google di Indonesia, UPI melakukan migrasi data, training for Trainers untuk Staf, dosen serta mahasiswa UPI, training for admin untuk staf DirTIK UPI yang akan bertugas me-manage user dan sistem UPImail. Perubahan dipersiapkan sebagai proses edukasi terhadap pengguna untuk mengantisipasi perubahan budaya serta teknologi dari sistem lama ke sistem yang baru yang memiliki  fitur unggulan kolaborasi secara online.

UPImail yang di support oleh Google berisi aplikasi Gmail dengan kapasitas 25GB per user, Drive untuk menyimpan file 5GB per user, Calendar untuk mengatur jadwal, Dokumen untuk membuat naskah yang bisa dilakukan secara bersama, Spreadsheet untuk mengolah data, Form untuk mengumpulkan data, Presentation untuk presentasi, Hangout untuk video chat dengan banyak pengguna sekaligus, dan masih banyak aplikasi lainnya. (Dodi Angga)

~ dilihat : 479 kali ~