Gerakan UI Mengajar Terus Motivasi dan Inspirasi Anak Indonesia

Indeks Berita


Gerakan UI Mengajar Terus Motivasi dan Inspirasi Anak Indonesia

Posted by humas-ui on 2013-11-28 15:25:24

Meskipun banyak pilihan aksi sosial mahasiswa, 660 mahasiswa Universitas Indonesia dari beragam fakultas memilih mendaftarkan dirinya sebagai pengajar Gerakan UI Mengajar angkatan 3. Gerakan yang berusaha memotivasi dan menginspirasi banyak orang tersebut konsisten menyasar daerah pelosok dengan kondisi pendidikan memprihatinkan.

Ketua Pelaksana Gerakan UI Mengajar Asep Muhamad Awaludin S. mengatakan lonjakan pendaftar dari tahun ke tahun adalah bukti bahwa mahasiswa ingin lebih banyak berkontribusi. Asep menilai, mahasiswa ingin melihat keadaan di lapangan secara langsung. “Setelah melihat, mereka ingin belajar dan berbagi di sana,” sebut Asep, di Depok, Jawa Barat Rabu (27/11).

Dari rangkaian seleksi, panitia telah menetapkan 30 pengajar terpilih yang akan diberangkatkan ke Indramayu, Jawa Barat pada 9 Januari mendatang. Selama 25 hari, mereka akan mengajar sembari menanamkan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi warga setempat. Tahun ini, panitia tidak hanya fokus menggelar aksi mengajar, namun juga mempersiapkan sejumlah program yang menyasar orangtua. Asep menyebutkan, aksi itu dinamai aksi sosial terintegrasi berupa penyuluhan dan pelatihan bagi guru dan masyarakat setempat.

Panitia juga melebarkan visinya dari memotivasi dengan menambahkan usaha menginspirasi. Motivasi diberikan kepada siswa didik di pelosok daerah, sementara inspirasi ditularkan kepada generasi muda lewat banyak kegiatan seperti seminar kajian terhadap kondisi pendidikan bagi masyarakat luas dan studi banding dengan komunitas lain. Tak hanya itu, panitia juga menerbitkan buku kumpulan kisah inspiratif pengajar Gerakan UI Mengajar angkatan 2. Buku itu berjudul Salam Cinta dari Sobang yang ditulis oleh 30 pengajar mahasiswa dari beragam fakultas. “Kita ingin menginspirasi orang untuk lebih peduli, mau berbagi ke lingkungan terdekat mereka,” ungkap mahasiswa jurusan Fisika 2011 ini.

Gerakan UI Mengajar 3 telah melantik 30 pengajar terpilih dalam Seminar dan Pelantikan Pengajar, Sabtu (23/11) . Para pengajar dilantik oleh Pejabat Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis M.Met di Ruang Promosi Doktor FKM UI, setelah dibekali pelatihan selama 3 hari 2 malam, (15-17 November 2013) di Bumi Perkemahan Ragunan. Mereka diberi pelatihan mengenai metode mengajar yang kreatif dan inovatif, perkembangan anak, self care (memotivasi diri) dan manajamen kelas oleh sejumlah narasumber seperti Pusat Krisis Psikologi UI, Dompet Dhuafa/Sekolah Guru Indonesia dan Dosen Pengajar di Fakultas Ilmu Budaya.

Sedangkan, seminar yang digelar pada hari pelantikan mengangkat tema Pemuda Solusi Pendidikan Indonesia, menghadirkan Muhammad Solihin Fikri (Gerakan Indonesia Berkibar), Rita M. Darwis (Sahabat Pulau) dengan moderator Wakil Ketua BEM UI 2013, Azhar Nurun Ala.

Indramayu dipilih sebagai destinasi karena sejumlah wilayah di sana perlu mendapat perhatian. Di beberapa daerah, kata Asep, kondisi pendidikannya masih minim dengan kekurangan yang bervariasi, misalnya gedung sekolah yang tidak layak, termasuk ketersediaan pengajar. “Bahkan ada satu ruangan dipakai untuk 5 kelas. Selain itu karena jumlah guru sedikit, kami merasa peran orangtua harus dioptimalkan,” ujar Asep. Walaupun hanya bergiat selama 25 hari, Asep yakin hal tersebut tak cukup mengubah sistem di komunitas itu. Namun, dia berharap, sekembalinya mereka nanti dari sana, warga bisa menanamkan nilai yang diberikan, membuka wawasan dan menjawab tantangan karena mereka berhak berkembang.(DPN)

~ dilihat : 264 kali ~