FT UI Cetak Dua Doktor Double Degree Pertama Kerja Sama UI – Shizuoka University

Ilustrasi_togaSelasa (23/12/2014), Fakultas Teknik (FT) UI menyelenggarakan sidang terbuka program doktor double degree di bidang teknik elektro di Ruang Chevron-Texaco, Gedung Dekanat FT UI. Sri Purwiyanti berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Efek Individualitas Dopant Terhadap Karakteristik Arus-Tegangan Pada Piranti PN Junction Berdimensi Nanometer,”. Selain Sri, di hari yang sama Rangga Winantyo juga berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Studi Peranan Seed Layer Terhadap Lapisan Tipis Seng Oksida Untuk Meningkatkan Efisiensi Solar Cell” di hadapan tim penguji. Keduanya merupakan lulusan double degree pertama hasil kerja sama Program Doktor FT UI dengan Shizuoka University, Jepang.
Topik riset yang dibuat keduanya merupakan kolaborasi antara UI dan Shizuoka University. Kurikulum di dalam program double degree memang dirancang agar mahasiswa dapat melakukan riset dengan menggunakan fasilitas teknologi yang tersedia di universitas partner, dan dapat dibimbing secara paralel oleh profesor di universitas partner dan profesor di Indonesia. Dengan double degree ini maka keduanya mendapatkan dua gelar sekaligus, yaitu Dr. dari UI dan PhD. Dari Shizuoka University.
Sri dalam disertasinya memaparkan keterkaitan peran individual atom dopant terhadap kerja divais elektronika berukuran nanometer. Riset ini akan mendukung pengembangan aplikasi perangkat nanoelektronika yang dipercaya akan mewarnai perkembangan teknologi ke depan. Sementara itu, Rengga membahas tentang aplikasi elektronika berbasiskan sel surya. Selama ini, kendala utama dalam implementasi teknologi sel surya adalah rendahnya efisiensi. Melalui hasil penelitian Rangga, dapat terbuka peluang pengembangan sel suray yang lebih efisien dengan melakukan utilisasi seed layer dalam lapisan tipis seng oksida.
Tim penguji dalam sidang ini diketuai oleh Dekan Fakultas Teknik UI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dengan promotor Prof. Dr. Djoko Hartanto, ko-promotor Prof. Dr. Michiharu Tabe dan Prof. Dr. Kenji Murakami dari Shizuoka University. Sementara anggota tim penguj dari FT UI terdiri dari Prof. Dr. NR. Poepawati, Prof. Dr. Harry Sudibyo. Prof. Dr. Anne Zulfia, Dr. Gunawan Wibisono, Dr. Purnomosidi Priambodo, Dr. Arief Udhiarto, serta penguji tamu dari BPPT yaitu Dr. Ratno Nuryadi.
Dalam sidang ini Sri mendapatkan yudisium sangat memuaskan dengan nilai IPK 3,92, sedangkan Rangga juga mendapat yudisium sangat memuaskan dengan IPK 3,73. Sri Purwiyanti dan Rangga Winantyo merupakan Doktor ke-45 dan ke-46 yang diluluskan oleh Program Doktor Teknik Elektro FT UI, serta merupakan Doktor ke-172 dan ke-173 yang dihasilkan oleh Program Doktor FT UI. (WND)

~ dilihat : 210 kali ~