FPOK UPI Menjadi Panutan Bagi LPTK se-Indonesia

1

Bandung, UPI

Berbekal segudang prestasi dibidang keolahragaan baik di tingkat nasional maupun internasional, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dinilai oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sangat layak untuk masuk dalam nominasi KONI Award 2013. Hal ini terungkap saat Wakil ll Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga Drs. H. Usep Saprudin didampingi Sekretaris Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga Drs. Mulyo Satrio, Kamis (7/11/2013), hadir di Ruang Rapat Partere Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, mewakili Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman untuk beraudiensi dengan pimpinan UPI.

Pembantu Rektor UPI Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum., sangat mengapresiasi dan menyambut baik kabar tersebut, saat menerima kunjungan tersebut.  Pertemuan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, dihadiri juga oleh para pimpinan di lingkungan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan mulai dari Dekan hingga Kaprodi.

Menurut Usep, tujuan kedatangan mereka adalah untuk melakukan fact finding mengenai sepak terjang para mahasiswa FPOK UPI.

“Sebagai nominator, perlu kiranya kita melakukan verifikasi terhadap fasilitas pembinaan olahraganya, memantau program kerja pembinaan mahasiswa yang juga atlet, dan lain sebagainya yang dirasa perlu untuk diketahui,” tutur Usep.

“UPI merupakan salah satu LPTK eks IKIP yang memilki Fakultas Keolahragaan yang menjadi panutan dan rujukan bagi seluruh LPTK se-Indonesia, baik negeri maupun swasta. UPI selalu ditunjuk sebagai koordinator dalam pembuatan instrumen keolahragaan,” ujar Pembantu Dekan I FPOK UPI Drs. Sucipto, M.Kes.

2Cipto mengatakan,”Saat ini UPI memiliki 26 Unit Kegiatan Mahasiswa dalam bidang Olahraga dari sekitar 68 Ukm yang ada. Didukung dengan sarana olahraga yang memadai berstandar internasional maka tidak salah jika hingga saat ini UPI selalu menjadi rujukan untuk study banding perguruan tinggi lain di Indonesia.”

Dekan FPOK UPI Dr. Yunyun Yudiana mengatakan,”Keberhasilan UPI dalam bidang olahraga tidak lepas dari peran serta para dosen di lingkungan FPOK yang rata-rata mereka merupakan atlet nasional maupun internasional yang sering terlibat dalam kejuaraan internasional, memadukan antara teknologi informasi dan olahraga. Para dosen juga menggunakan analisys sport science untuk menunjang pengembangan olahraga.”

“FPOK memberikan pelayanan akademik bagi para atlet melalui sistem e-learning dan pemberian modul agar mereka tidak tertinggal dalam kegiatan akademik yang merupakan kewajiban utamanya sebagai mahasiswa,” tambahnya. (Dodiangga)

~ dilihat : 347 kali ~