FPMIPA UPI dan FPMIPA Unisba Saling Kerja Sama Perluas Jaringan

1Bandung, UPI

Dekan Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA UPI) Siti Fatimah, M.Si., Ph.D., didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. phil. Ari Widodo, M.Ed., dan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Bambang Avip Priatna, M.Si., serta Ketua Program Studi Matematika Entit Puspita, S.Pd., M.Si., menerima kunjungan dari FMIPA Universitas Islam Bandung (Unisba), di Ruang Rapat FPMIPA Kampus UPI Bumi Siliwangi Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229 Bandung, Rabu (3/8/2016). Sementara itu, rombongan dari FMIPA Unisba diwakili oleh Dekan FMIPA Dr. Suwanda., MS., Ketua Program Studi Matematika Dr. Yani Ramdani, Dra., M.Pd., dan Erwin Hamdani Harahap, S.Si. M.Si.

“Sudah menjadi tugas pimpinan untuk memperluas jaringan dalam segala aspek, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kami menyambut baik kunjungan ini. Perlu diketahui bahwa semua unit di FPMIPA UPI sudah memiliki ISO, sementara itu untuk Program Studi Pendidikan Matematika sudah memperoleh Sertifikasi AUN-QA dengan jumlah dosen sebanyak 48 orang dan 20 orang diantaranya sudah menyelesaikan studi S3. Prodi Pendidikan Matematika termasuk salah satu prodi favorit, termasuk dalam 10 besar peminat tertinggi dan keketatannya 1:30. Kami memiliki laboratorium unggulan yaitu laboratorium Kimia,” ujar Dekan.2

Mengenai kerja sama, katanya,  FPMIPA UPI akan melakukan pendampingan dalam pembukaan prodi di Unisba. Hal lainnya, yaitu melakukan kolaborasi riset, seminar bersama, pemanfaatan expert untuk menjadi pemateri dalam kuliah umum, serta mempersilahkan para dosen Unisba untuk bergabung di Jurnal JP MIPA (Jurnal Pengajaran MIPA).

Dekan mengatakan,”Kunjungan tersebut difokuskan pada penjajakan kerja sama dalam bidang akademik,  namun hal yang paling utama adalah silaturahmi untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh FPMIPA UPI.”

Lebih lanjut dijelaskan, Unisba berencana ingin membuka Program Studi Pendidikan Matematika yang menghasilkan calon guru matematika dan membuka Pendidikan Profesi Farmasi.  Saat ini FMIPA Unisba tengah mempersiapkan hal apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan tujuannya tersebut. (dodiangga)

~ dilihat : 39 kali ~