FP IPS Menggelar “Danamon Campus Hiring”

Bandung, UPI

Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendikan Indonesia (FPIPS UPI) Bandung kembali menggelar “Danamon Campus Hiring” di ruang Auditorium FPIPS UPI, Kamis (11/7/2013). Kegiatan  tersebut diselenggarakan untuk kedua kalinya yang merupakan kerja sama antara  FPIPS UPI Bandung dan Bank Danamon Jawa Barat. Kerja sama ini dalam rangka rekrutmen dan seleksi  tahap pertama bagi mahasiswa FPIPS UPI yang sudah lulus dan tertarik untuk bekerja di bidang perbankan.  Peserta  seleksi berjumlah 100 orang yaitu mahasiswa yang sudah  lulus FPIPS UPI  . Sebelum kegiatan seleksi  pertama berlangsung, peserta tes mengikuti  tahap pembekalan . Seleksi pertama  terdiri dari psikotes (General Mental Ability Test) dan wawancara oleh Bagian Sumber Daya Manusia Bank Danamon Jawa Barat. Kegiatan berlangsung pada pukul 07.30 s/d pk 16.00.

Tahap pembekalan diberikan oleh Felisinta ( Staff HRD Kantor Pusat Danamon Jakarta) dan Neny Surtini (Regional Business Partner Manager Danamon Bandung).  Tahap pembekalan  sangat membantu bagi peserta test sehingga peserta lebih mengerti mengenai tahapan seleksi tersebut.

Tahap pembekalan pertama yaitu personality test.  Tahapan  tersebut  bermanfaat untuk mempermudah  karyawan bekerja sama dalam suatu tim di perusahaan karena dengan test tersebut dapat mengetahui tipe  setiap orang yang berbeda. Hasil dari personality test ini ada 4 tipe personality diantaranya tipe singa, tipe lumba- lumba, tipe koala dan tipe berang-berang. Felisinta memaparkan, setiap tipe personality mempunya sisi kekurangan dan kelebihan. Digambarkan jika karyawan dalam suatu perusahaan bekerja dengan memiliki tipe personality yang berbeda-beda. Sebagai contoh karyawan dengan tipe singa mempunyai ciri diantaranya berani membuat keputusan dengan cepat, bersemangat, suka persaingan dan  mampu menghadapi tantangan. Adapun  kekurangan dari tipe singa adalah dalam keadaan stress karyawan dapat melakukan kesalahan dalam pekerjaan , tegang jika menghadapi deadline. Tips komunikasi yang baik  menghadapi tipe singa yaitu kontak mata langsung, bicara langsung pada topiknya, ringkas dan fokus pada hasil yang dicapai. “Agar karier lancar karyawan harus bisa beradaptasi dengan banyak tipe orang yang berbeda. Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan agar bisa bekerja sama.” ujar Felisinta dengan paparan pamungkasnya.

Tahap pembekalan yang kedua  oleh  Neny Surtini  yang memaparkan tentang tahapan seleksi kerja(psikotes, test skill, interview dan medical check up).Hal-hal yang dipotret dari psikotes pada umumnya adalah potensi pikir, cara bekerja dan kepribadian. Persiapan menghadapi psikotes diantaranya kondisi sehat dan istirahat cukup, datang lebih awal di lokasi, dengarkan baik- baik intruksi yang diberikan, tidak dalam kondisi lapar atau sudah makan secukupnya, bekerja dengan cepat dan teliti serta mendengarkan instruksi, jika ada yg kurang jelas jangan malu bertanya dan bekerja sendiri.Hal-hal yang dipotret ketika interview yaitu penampilan, cara komunikasi, bahasa, skill dan kepribadian.Persiapan wawancara yaitu pelajari kembali CV , pelajari mengenai perusahan yang akan dimasuki, pastikan waktu, tempat , contac person untuk interview, persiapan busana. Hal yang muncul dalam interview diantaranya ceritakan tentang diri sendiri,  prestasi yang diraih,  tantangan terbesar yang dialami dalam pekerjaan an.  Hal yang tidak boleh dilakukan diantaranya menerima telpon, menunjukan kurang tertarik, berpakaian kurang tepat, bersikap arogan, berbicara negatip mengenai employee saat ini atau sebelumnya.

Menurut  Neny Surtini mahasiswa lulusan Universitas Pendidikan Indonesia  yang sudah menjadi karyawan di  Bank Danamon sebanyak 90 orang di Jawa Barat. Danamon sangat terbuka dan memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa UPI untuk terjun bekerja di bidang perbankan.(Noerdiani)