Forum Ilmiah XI FPBS UPI Siap Digelar

Bandung, UPI

Penerapan pembelajaran bahasa dan sastra seringkali terbatas pada aktivitas-aktivitas berbahasa dan bersastra yang kurang menstimulus potensi peserta didik sebagai individu-individu yang memiliki pengetahuan sebagai akumulasi dari pengalaman yang mereka peroleh sehari-hari dalam lingkungan sosial. Kenyataan tersebut harus disikapi secara positif oleh pihak-pihak yang terkait dengan menghadirkan solusi-solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan yang ada.

Sejak tahun 2005 Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI telah menyelenggarakan program tahunan berupa kegiatan Seminar Nasional Kajian Bahasa dan Sastra dengan nama Forum Ilmiah FPBS UPI. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wahana untuk mengkomunikasikan berbagai penemuan baik pada bidang bahasa dan sastra kepada masyarakat pemerhati, peminat, dan penggunanya. Dewasa ini penemuan-penemuan pada ketiga bidang khususnya yang dihasilkan oleh para akademisi tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal tidak sedikit dari temuan-temuan itu berbasis realitas di lapangan yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan pendidikan Bahasa dan sastra.

Berdasar dari hal itu, kali ini Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia siap menggelar FORUM ILMIAH XI (Seminar Internasional Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) yang akan diselenggarakan pada hari Rabu, 18 November 2015, dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Forum Ilmiah kali ini akan digelar di dua tempat, di gedung Achmad Sanusi (Balai Pertemuan) UPI dan gedung FPBS UPI, jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Menurut panitia kegiatan ini diharapkan memunculkan gagasan dan pandangan tentang pendidikan bahasa dan sastra dalam kaitannya dengan pembangunan jati diri bangsa terkait patriotisme, serta beberapa peluang yang dapat dilakukan oleh para pendidik bahasa dan sastra dalam membangun kesadaran patriotisme melalui pendidikan dan kegiatan bahasa dan sastra, dan peranan institusi pendidikan bahasa dan sastra dalam memperkokoh jati diri bangsa.

Adapun pemateri yang akan menjadi pembicara kunci menghadirkan Marsekal TNI Agus Supriatna (Kepala Staf TNI AU) dan Prof. Raphael Finkel (University of Kentucky). Pembicara kunci akan disandingkan dengan para pembicara pendamping yaitu para dosen, akademisi, dan peneliti bidang bahasa dan sastra FPBS UPI, seperti; Gin Gin Gustine, Ph.D., dengan judul makalah “Developing a critical literacy-oriented EFL classroom to nourish a critical social awareness”; Isti Siti Soleha Gandana, Ph.D., dengan Judul makalah “ELT and professional identity: An inquiry into teachers’ thinking”; Wawan Gunawan,Ph.D., dengan Judul makalah: “Teaching language, building character: SFL in practice”; Dr. Herniwati, M.Hum., dengan Judul Makalah: ”Kurikulum Berbasis Kompetensi Komunikatif Bahasa Jepang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di SMP”; dan Nuria Haristiani, Ph.D., dengan Judul makalah: ”Analisis perbandingan tindak tutur ‘meminta maaf’ dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jepang” (A Cross-cultural Study of Apology Speech Acts in Indonesian and Japanese)”.

poster_fi(2)Untuk pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui situs http://fi.fpbs.upi.edu atau datang langsung ke sekretariat panitia mulai tanggal 1 September s.d. 30 Oktober 2015 dengan melampirkan bukti pembayaran. Adapun biaya pendaftaran sebagai berikut:

a. Mahasiswa S1 : Rp 150.000,00
b.  Mahasiswa S2 : Rp 200.000,00
c.  Mahasiswa S3 : Rp 250.000,00
d.  Guru/Dosen : Rp 250.000,00
e.  Umum : Rp 250.000,00
f.  Peserta Asing : USD 30.00

Untuk pembayaran via transfer Bank, dapat melalui: BNI cabang UPI a.n. Ahmad Tajudin Rekening Taplus No: 0022304957 (Bukti transfer dilampirkan).

Pendaftaran pemakalah melalui situs http://fi.fpbs.upi.edu dari tanggal 15 Juli 2015 sampai dengan 16 November 2015. Calon pemakalah penyerta wajib mengisi biodata yang diperlukan dan mengunggah abstrak. Abstrak yang diterima akan diumumkan pada tanggal 15 Oktober September 2015. Bagi yang abstraknya diterima wajib mengirimkan makalah lengkap melalui situs http://fi.fpbs.upi.edu paling lambat 25 Oktober 2015. Pengumuman makalah untuk prosiding 5 November 2015.

Untuk informasi lebih lanjut dapat diperoleh di sekertariat, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung, Indonesia 40154 Tel/Fax: (022)2015411; Pos-el : fi-fpbs@upi.edu, dengan narahubung sebagai berikut:

082219232780 (Wawan Gunawan, M.Ed., Ph.D.)
081321184604 (Dante Darmawangsa, M.Pd.)
081320029710 (Dr. Herniwati, M.Hum.)
081220331966 (Ahmad Tajudin, M.A.P.)

(ay)

~ dilihat : 129 kali ~