FISIP UI Kaji Isu Lingkungan Hidup di Bedah Buku Komunikasi Lingkungan

diskusi-buku

Selasa (27/9/2016), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI mengadakan acara bedah buku berjudul Komunikasi Lingkungan : Peran Media Massa dalam Edukasi Kesadaran Lingkungan. Buku yang diterbitkan pada tahun 2015 lalu ini ditulis oleh Donna Asteria, seorang dosen dari Departemen Ilmu Komunikasi.

Bertempat di Miriam Budiarjo Research Center FISIP UI, Donna memaparkan bahwa buku ini ditulis setelah dirinya berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan UI.

“Media massa memiliki peranan yang penting dalam menyampaikan isu-isu lingkungan. Bagaimana membuat masyarakat yang awalnya tidak tahu, kemudian jadi tahu,” ujar Donna.

Lebih lanjut menurut Donna, penerbitan bukunya didasari oleh ketertarikannya terhadap peliputan mengenai isu-isu lingkungan di media massa.

“Ada dua hal yang sulit untuk diajarkan ke wartawan. Pertama adalah mengajarkan sensitivitas gender, kedua adalah meliput isu lingkungan,” jelas Donna.

Selain paparan dari penulis, acara ini turut menghadirkan Jo Kumala Dewi selaku perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Jo menyatakan apresiasinya terhadap eksistensi buku Komunikasi Lingkungan, mengingat pentingnya kesadaran masyarakat akan kondisi lingkungan hidup.

“Masyarakat juga perlu diedukasi. Mereka memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup,” tutur Jo yang merupakan alumni Ilmu Sosiologi FISIP UI angkatan 1984.

Turut hadir pula Reymond Michael Menot, selaku dosen dari Departemen Antropologi yang juga memberikan pujiannya terhadap penerbitan bukuini, serta tanggapannya mengenai isu-isu lingkungan.

“Ada peran penting komunikasi dalam bagaimana menyampaikan ide-ide ke manusia tentang kesadaran lingkungan,” ungkap Reymond.

Di akhir bedah buku, Reymond juga menyatakan bahwa isu-isu lingkungan tidak akan pernah habis untuk di bahas.

“Isu lingkungan tidak akan pernah kusam. Manusia akan terus berpola dan menciptakan kenikmatan untuk hidup mereka,” tutupnya.

 

Penulis : Melati Suma Paramita


~ dilihat : 11 kali ~