Fenomena Perilaku Kontraproduktif Saat Bekerja

Perilaku KontraproduktifFenomena perilaku kontraproduktif kerap terjadi saat bekerja. Perilaku kontraproduktif yang dimaksud antara lain bergosip, memperpanjang waktu istirahat, hingga berselancar di dunia maya untuk mencari informasi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Perlu dilakukan upaya yang efektif untuk mengatasi sekaligus meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

Fenomena tersebut kemudian dikaji oleh P. Tommy Y.S. Suyasa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dalam disertasinya. Rabu (14/01/2015), Tommy berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Studi Mengenai Perilaku Kerja Kontraproduktif: Pengaruh Cara Menegur Terhadap Kesantaian-Kerja dan Kesalahan-Kerja” di hadapan para penguji.

Dalam disertasinya, Tommy mengajukan konsep cara menegur (methods in giving feedback) untuk mengatasi perilaku kerja kontraproduktif. Berdasarkan konsep cara menegur ini, ­negative-feedback dapat diberikan secara konstruktif maupun secara destruktif. Negative-feedback secara konstruktif dilakukan dengan pemilihan kata-kata yang tepat yang didasarkan pada rasa percaya dan disertai solusi yang memungkinkan.

Sementara itu, negatif-feedback secara destruktif dilakukan tanpa pemilihan kata yang tepat, kurang disertai solusi, dan dapat disertai ancaman. Konsep cara menegur diharapkan mampu mengatasi kesenjangan teoretis dari teori yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, didapat fakta bahwa teguran yang diberikan secara destruktif dapat meningkatkan atau menurunkan perilaku kerja kontraproduktif. Sementara itu, teguran yang disampaikan secara konstruktif dapat menurunkan perilaku kerja kontraproduktif. Pemberian teguran secara destruktif memang mampu menurunkan kesantaian kerja, tetapi belum tentu menurunkan kesalahan kerja.

Lewat disertasinya ini, Tommy berhasil lulus dengan yudisium sangat memuaskan. Disertasi tersebut disampaikan dalam sidang promosi doktor yang diketuai oleh Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A. dengan anggota yang terdiri atas Prof. Dr. Andreas Budihardjo S., Dr. Dewi Sawitri, Dr. Rudolf Woodrow Matindas, Corina D. Silalahi, M.Com., Ph.D.,  dan Dr. Endang Parahyanti. Promotor disertasi ini adalah Dr. Wilna D. Masoer, M.Org.Psy., sedangkan kopromotor terdiri atas Roby Muhamad, Ph.D., dan Prof. Dr. phil. Hana R. G. Panggabean. (IRH)

~ dilihat : 363 kali ~